Doa Nabi Ketika Mengunjungi Orang Sakit

61

Ketika menjenguk orang sakit, kita dianjurkan untuk turut mendoakan kesembuhan. Ada banyak doa yang bisa kita baca. Tidak harus dengan bahasa Arab, bahasa Indonesia juga boleh. Tapi alangkah baiknya kalau kita juga tahu dan hafal cara maupun doa yang biasa Nabi baca ketika menjenguk orang sakit.

Sayyidatina Aisyah bercerita:

عن عائشة رضي الله عنها أنَّ النَّبيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا اشْتَكى الإنْسَانُ الشَّيْءَ مِنْهُ أَوْ كَانَتْ بِهِ قَرْحَةٌ أَوْ جُرْحٌ قَالَ النَّبيُّ صلى الله عليه وسلم بِأُصْبُعِهِ هكَذا  –وَوَضَعَ سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَة الرَّاوي سَبَّابَتَهُ بِالأَرْضِ ثُمَّ رَفَعَها–  وقال بِسمِ اللهِ تُرْبَةُ أرْضِنَا بِرِيقَةِ بَعْضِنَا يُشْفَى بِهِ سَقِيمُنَا بإذْنِ رَبِّنَا. متفقٌ عَلَيْهِ.

“Jika ada seseorang yang sakit atau memiliki luka, Nabi meletakkan jarinya – Sufyan bin ‘Uyaynah menyontohkan dengan meletakkan jari telunjuknya ke tanah lalu mengangkatnya – seraya berdoa ‘Bismillah… turbatu ardhina, biriqati ba’dhina, yusyfa bihi saqimuna, bi idzni rabbina‘.”

Adapun makna doa di atas adalah “dengan menyebut nama Allah, debu bumi kami, dengan air ludah sebagian dari kami, sembuhkanlah orang sakit kami dengan itu dan dengan izin Tuhan kami!”

Doa dan praktek penyembuhan seperti ini biasa dilakukan Nabi untuk orang yang memiliki luka pada bagian tubuhnya. Caranya ialah dengan menjilati jari telunjuk terlebih dahulu, lalu menempelkannya ke tanah. Tanah-tanah yang menempel pada jari telunjuk itu kemudian diusapkan kepada luka yang hendak diobati sembari mengucapkan doa di atas.

Jika kasusnya adalah sakit selain luka, maka biasanya Nabi Muhammad saw. membaca doa ini:

وعنها  أنَّ النَّبيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَعُودُ بَعْضَ أهْلِهِ يَمْسَحُ بِيدِهِ اليُمْنَى ويقولُ اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ إذْهِب البَأسَ اشْفِ أنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفاؤكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقماً. متفقٌ عَلَيْهِ .

“Bahwasanya Nabi jika menjenguk salah seorang sahabatnya, beliau mengusapkan tangan kanannya dan berdoa ‘allahumma rabbin nas, idzhabil ba’sa, isyfi antas syafi, la syifa’a illa syifa’uka, syifa’an la yughadiru saqaman’.”

Ia doa yang bisa kita amalkan ketika menjenguk orang yang terkena demam berdarah, typus, ginjal atau penyakit lainnya yang non luka. Caranya adalah dengan mengusapkan tangan kanan kita ke bagian tubuh orang yang sakit, sembari membaca doa di atas.

Dengan ikhtiar dan doa, insyallah Allah memberikan izin untuk menyembuhkan penyakit saudara, teman dan orang di sekitar kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here