Tradisi Kirab Suro Kebo Bule di Surakarta

60

Tradisi Kirab Suro Kebo Bule di SurakartaPopularitas Hari Asyuro sebagai hari yang istimewa tidak hanya bisa kita lihat dari anjuran-anjuran ibadah yang terdapat di dalamnya. Seperti berpuasa, melakukan shalat sunnah, membaca Surah al Ikhlas 1000x, dan amalan lainnya. Di kalangan masyarakat, khususnya di Indonesia, Hari Asyuro juga memiliki tempat yang spesial. Banyak sekali adat, kebiasaan dan tradisi yang diselenggarakan untuk menyambut dan merayakan kehadiran hari penting tersebut.

Bahkan, dari saking populernya, nama Asyuro dalam banyak kasus merupakan nama yang mewakili Bulan Muharram. Masyarakat lebih mengenal Bulan Suro, Suroan atau Sorah (red: Madura), dibandingkan nama Muharram. Bagi sebagian besar masyarakat Nusantara, Suro artinya ya bulan pertama dalam penanggalan tahun hijriyah. Ia mewakili keseluruhan hari dalam bulan Muharram.

Pada kesempatan kali ini, akan disuguhkan beberapa tradisi, adat dan kebiasaan masyarakat Nusantara dalam menyambut Asyuro atau Suro. Di balik tradisi-tradisi tersebut, kalau kita sadari betul, tersimpan pelajaran-pelajaran penuh hikmah terkait kehidupan, khususnya dalam proses mematangkan diri untuk bersiap menyambut tahun yang baru.

Selanjutnya, mari kita berangkat ke Surakarta atau Solo:

Di Surakarta, tradisi yang biasa dilakukan adalah Kirab Kebo Bule. Bedanya, kirab yang dilakukan Kasunanan Surakarta ini menyertakan kerbau-kerbau bule keturunan Kiai Slamet. Menurut data sejarah, Kiai Slamet merupakan hewan kesayangan Sultan Pakubuwono II. Bagi lingkungan kraton, Kiai Slamet dan keturunannya memiliki nilai spiritualitas sendiri yang hingga kini masih mereka rawat dan pelihara.

Dalam kirab ini, disertakan pula benda pusaka Kasunanan Surakarta. Rute yang ditempuh biasanya dari Kori Kemendungan menuju kawasa Sapit Urang depan Kasunanan dilanjutkan menuju Jalan Sudirman. Setelah itu kirab menuju kea rah Timur melewati Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi hingga Bunderan Gladag lalu kembali lagi ke Kasunanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here