Menghitung Zakat Penghasilan YouTube Gofar Hilman

Mengingat Gofar Hilman adalah seorang Muslim, maka kewajiban zakat tentu saja mengikat. Mari kita hitung.

294
Penghasilan Youtube Gofar Hilman

Dari sekian YouTuber, Gofar Hilman adalah sosok yang tenarnya menjangkau lintas generasi. Mulai kalangan milenial atau Gen-Y, ke belakang dikit Gen-X, maju ke Gen-Z dan Gen-Alpha hingga balik jauh ke generasi Baby Boomers. Terutama sejak program #Ngobam offair perdananya bersama Didi Kempot di Wedangan Gulo Klopo, Kartasura, Jawa Tengah, Minggu (14/7/2019) silam.

Seiring kembali melambungnya pamor Lord Didi Kempot, beberapa kali Gofar kebagian turut serta ketika sang Godfather of Broken Heart menghadiri ke berbagai acara. Salah satunya dalam program yang diampu Rosi di Kompas TV. Alhasil, nama Gofar tak hanya dikenal oleh bocah jaman now yang lebih asyik yutuban daripada nonton sinetron tapi juga oleh bapak dan emak yang pernah muda dan tumbuh di awal 1990-an.

Meski subscriber-nya belum sebanyak Ria Ricis atau Atta Halilintar, tapi selaku Digital Immigrant, nama Gofar Hilman telah lama akrab bagi telinga netizen. Tercatat ia sering menyentak perhatian warganet. Sekitar 2010-2012, masih ramai-ramainya twitter di negeri +62, ia rajin bikin Khotbah Timeline tiap Jumat lewat akun twitter @PergiJauh. Kemudian di YouTube yang masih ramai kini, ia punya program andalan #Ngobam alias Ngobrol Bareng Musisi. Beberapa kali video ngobamnya jadi perbincangan dan nampang di trending topic twitter.

Menguak sedikit latar belakang Gofar, ia terkenal sebagai anak punk yang pernah menjalani kerasnya hidup jalanan. Sekelumit gosip dari kisah asmara, konon ia pernah menjalin cinta dengan anak pengusaha sukses Indonesia. Sayang, cintanya kandas lantaran tak mendapat restu orangtua kekasihnya.

Baca Juga: UAS Berhak Bicara Apapun, Anda Berhak Tersinggung, dan UAS Berhak Tak Peduli.

Kini, Gofar masyhur sebagai MC serta penyiar. Selain itu, pria yang hobi mengoleksi mobil-mobil mahal ini juga punya usaha kuliner Lawless Burger. Namun tak dapat dipungkiri, popularitasnya menanjak berkat Ngobam di channel YouTube-nya.

Sebagaimana para YouTuber, Gofar juga mendapat berkah dari aktivitasnya di situs web berbagi video itu. Belum lama, Mojok.co merilis artikel dan infografik berjudul “Memperkirakan Penghasilan Gofar Hilman dari YouTube”, Rabu 4 September 2019. Di kesempatan ini kita akan coba menghitung zakat penghasilan Gofar Hilman dari YouTube. Berhubung mojok.co sudah menerbitkan perkiraan hasil penghasilan Gofar dari YouTube, maka kita tinggal hitung zakatnya. Biar lebih jelas, berikut perkiraan penghasilan Gofar dari YouTube yang didapat tim Mojok.

Gofar Hilman bergabung di YouTube sejak 8 Juli 2012 dengan subscribers sebanyak 500 ribuan dengan views-nya 92 juta-an. Dari sini, maka kita bisa memperolah perhitungan monetisasi YouTube-nya sebesar:

92.023.339 : 1000 x 0,68 = $62.575 = Rp902.300.902

Untuk mengetahui berapa perkiraan pendapatan Gofar Hilman per bulan sejak Juli 2012, harus dibagi lagi 7 tahun + 1 bulan alias 85 bulan. Jadi pendapatan dari YouTube adalah Rp902.300.902 : 85 = Rp10.615.304 per bulan.

Selanjutnya, kita kalikan 12 bulan, diperoleh angka Rp.10.615.304 x 12 = Rp.127.383.648. Inilah perkiraan penghasilan Gofar Hilman dalam setahun.

Mengingat Gofar Hilman adalah seorang Muslim, maka kewajiban zakat tentu saja mengikat. Mari kita hitung, apakah pendapatan Gofar Hilman dari YouTube sudah mencapai nisob zakat? Jika iya, berapa zakat penghasilan yang harus dibayar Gofar per tahun sebagai seorang Muslim.

Perlu diperhatikan bahwa zakat profesi atau zakat penghasilan termasuk regulasi baru karena sebelumnya Islam hanya mengenal zakat emas dan zakat pertanian. Namun para ulama kontemporer sepakat, seperti Syeikh Yusuf al-Qaradawi dan Syeikh Wahbah Zuhayli, bahwa zakat penghasilan wajib ditunaikan. Hal ini mengingat model bekerja dan cara manusia manusia menghasilkan uang tidak lagi terpaku pada dua variabel lama; emas dan hasil bumi.

Muncul perbedaan di kalangan para ulama terkait cara menghitung zakat profesi. Ada yang menyamakannya dengan zakat pertanian, ada juga yang menyamakannya dengan zakat emas. Hasil bumi dan emas, sebagaimana kita tahu, memiliki spesifikasi yang membuat keduanya begitu berbeda dalam teknis, proses hitungan dan jumlah yang harus dizakati. Adanya dua macam cara penghitungan ini dilakukan juga oleh beberapa lembaga zakat terkemuka dan kredibel, seperti NU Care – LAZIZNU, untuk menerima opsi pembayaran zakat profesi.

Baca Juga: Menghitung Zakat Penghasilan Ria Ricis.

Kali ini, khusus untuk menghitung zakat penghasilan Gofar Hilman, kita akan menggunakan metode perhitungan yang menyamakan zakat profesi atau penghasilan dengan zakat emas yang nisabnya adalah 85 gram emas dalam setahun.

Kalau hari ini harga emas Rp 784.598 per gram, maka nisab zakat profesi sebesar Rp 66.690.830. Dari angka itu, tentu penghasilan Gofar Hilman, yang sebesar Rp.127.383.648 selama setahun, sudah mencapai nisab wajib menunaikan zakat. Pertanyaannya, berapa zakat yang harus dikeluarkan Gofar Hilman? Jawabannya, 2,5%. Bagaimana menghitungnya? Ada tiga metode.

Metode Pertama – Zakat Bruto.

Bruto adalah penghasilan kotor yang belum dikurangi biaya apapun di luar penghasilan itu sendiri. Di atas, kita sudah dapatkan angka penghasilan bruto Gofar Hilman dari YouTube sebesar Rp.127.383.648 selama satu tahun. Jadi, zakat penghasilan YouTube Gofar Hilman, 2,5% dari Rp.127.383.648 = Rp.3.184.591.2.

Hal ini juga berdasarkan pendapat Az-Zuhri dan ‘Auza’i, yang menjelaskan, “bila seorang memperoleh penghasilan dan ingin membelanjakannya sebelum bulan wajib zakat datang, maka hendaknya ia segera mengeluarkan zakat itu terlebih dahulu dari membelanjakannya.” (Ibnu Abi Syaibah, Al-mushannif, 4/30). Dan juga menqiyaskan dengan beberapa harta zakat yang langsung dikeluarkan tanpa dikurangi apapun, seperti zakat ternak, emas perak, ma’dzan dan rikaz.

Metode Kedua – Zakat Semi Netto

Netto adalah penghasilan bersih. Dalam metode yang kedua ini, zakat semi netto, penghasilan tidak langsung diambil 2.5%, melainkan dipotong dulu dengan biaya operasional yang digunakan seseorang dalam menghasilkan sesuatu. Misalnya, sebagai seorang YouTuber, Gofar Hilman tentu harus membayar videografer, sejumlah editor video, transportasi, akomodasi, biaya perawatan alat, dan lain sebagainya. Anggap saja seluruhnya membutuhkan dana hingga 100 juta. Maka, Rp.127.383.648 – Rp. 100.000.000 = Rp.27.383.648, sehingga hasil akhirnya belum mencapai nisab.

Metode Ketiga – Zakat Netto

Jika di metode semi netto jumlah penghasilan hanya dipotong biaya operasional kerja, maka di metode zakat netto jumlah penghasilan juga dikurangi seluruh biaya kebutuhan hidupnya sebagai manusia. Bayar kontrakan, perawatan kulit dan wajah, makan, minum dan lain sebagainya. Sudah kita tahu, kalau pada hitungan semi netto saja tidak mencapai nisab, apalagi di hitungan netto.

Baca Juga: Soal Etika Beragama Kita Harus Belajar Kepada Vicky Prasetyo.

Namun, hitung-hitungan yang kita bahas ini hanya sebatas penghasilan Gofar Hilman dari YouTube. Sangat mungkin, jika total penghasilan sosok Gofar Hilman yang pernah menjadi PNS tersebut jauh lebih besar. Bahkan, sekalipun jika dihitung menggunakan metode zakat bruto, semi netto, ataupun netto, mungkin sudah sampai nisab. Kecuali, penghasilan Gofar saat ini cuma dari YouTube. Ya, sebatas itu tadi perkiraan hitungan zakatnya.

Jangan lupa zakatnya ya, Bang Gofar. Sekut, Cuy…!

Baca Juga: Dua Kiai Berdebat Soal Hukum Rokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here