Beranda Keislaman Hikmah 10 Hewan yang Dijamin Masuk Surga Karena Turut Membantu Tegaknya Agama Tauhid

10 Hewan yang Dijamin Masuk Surga Karena Turut Membantu Tegaknya Agama Tauhid

Harakah.id – Inilah 10 hewan yang dijamin masuk surga karena kepatuhan kepada tuannya dan turut membantu dalam menegakkan agama tauhid di dunia.

Kisah dan kehidupan dunia hewan tak sedikit yang menyimpan hikmah dan pelajaran. Banyak sekali pesan moral yang dirangkai dalam cerita sebagai dongeng untuk anak-anak. Bahkan kisah-kisah legenda kerap menjadi inspirasi para seniman, seperti film dan pertunjukan lain, dalam menciptakan karya. Di antara tujuannya, agar kita semua bisa mengambil inti nasihat yang terkandung di dalamnya.

Al-Qur’an, sebagai kitab suci umat Islam, juga banyak menyebut nama-nama hewan, baik pada nama surah maupun sebagai sebuah kisah. Hal ini tentu bukan sekadar dongeng belaka. Setiap hewan yang diisebut dalam Al-Qur’an mempunyai peran penting, tak peduli jenis dan ukuran besar kecil tubuhnya. Bahkan ada nama hewan yang menjadi cerita utama dengan banyak hikmah yang dapat dipetik pelajarannya.

Baca Juga: Mengapa Imam Malik Menolak Kesunnahan Puasa Syawal?

Bicara kehidupan hewan memang identik dengan kehidupan dunia fana. Kita tahu bahwa syariat bukan diturunkan untuk hewan yang tak berakal, melaikan pada manusia, agar selamat dunia akhirat. Namun, prilaku dan cara kita berinteraksi dengan makhluk-makhluk Allah bernaman hewan itu bisa jadi penentu kehidupan setelah mati.

Contoh, dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw. pernah bercerita tentang seorang pelacur yang mendapat ampunan lantaran menolong seekor anjing yang kehausan.

Dari Abu Hurairah Ra., dari Rasulullah Saw., beliau bersabda, “seorang wanita pezina telah mendapatkan ampunan. Dia melewati seekor anjing yang menjulurkan lidahnya di pinggir sumur. Anjing ini hampir saja mati kehausan, (melihat ini) si wanita pelacur itu melepas sepatunya lalu mengikatnya dengan penutup kepalanya lalu dia mengambilkan air untuk anjing tersebut. Dengan sebab perbuatannya itu dia mendapatkan ampunan dari Allah Swt.” [HR. Bukhari dan Muslim].

Baca Juga: Manfaat Amalan Bacaan Ayat Kursi Menjaga dari Gangguan Setan dan Melapangkan Jalan ke Surga

Di hadis lain, Rasulullah Saw. juga mengabarkan tentang seorang wanita mendapat siksa neraka karena perbuatannya di dunia yang telah menyiksa seekor anak kucing. Terdapat pula hadis lain yang intinya berkaitan tentang perintah untuk berbuat baik kepada binatang dan alam sekitar. Semua perbuatan itu kelak akan mendapat balasan yang setimpal di akhirat.

Akhirat merupakan kehidupan akhir yang diterima manusia berdasarkan perbuatnya di dunia. Dalam Al-Quran banyak dijumpai ayat yang menjelaskan akhirat, tentang surga dan neraka serta para calon penghuninya. Para calon penghuni surga adalah orang-orang beriman yang bertakwa kepada Allah. Mereka akan mendapatkan balasan surga atas ketaatan yang dilakukan selama di dunia.

Namun, para calon penghuni surga tidak hanya dari kalangan manusia yang beriman, ada juga dari jenis hewan. Bahkan ada 10 hewan yang sudah dipastikan menjadi penghuni surga. Berikut 10 hewan penghuni surga, sebagaimana disebutkan dalam kitab Tafsirul Azhan min Tafsiri Ruhil Bayan.

  1. Untanya Nabi Sholeh
  2. Anak sapinya Nabi Ibrahim
  3. Kambingnya Nabi Ismail
  4. Sapinya Nabi Musa
  5. Ikan hiunya Nabi Yunus
  6. Keledainya Nabi Uzair
  7. Semutnya Nabi Sulaiman
  8. Burung hud-hudnya ratu Bilqis
  9. Anjingnya ashabul kahfi
  10. Untanya Nabi Muhammad Saw.

Keistimewaan yang dimiliki 10 hewan ini adalah kepatuhan mereka kepada tuannya dan turut membantu dalam menegakkan agama tauhid di muka bumi. Karena itu, Allah mengistimewakan mereka dibanding hewan lainnya dengan balasan berupa surga.

Baca Juga: Fikih Itu Ramah Difabel, karena Syariat Membawa Mashalah

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...