Beranda Headline 5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.idAku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

Oke di sini, aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an. Karna hadits ini sangat penting karena berisikan pesan-pesan yang sangat penting.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ ، أَخْبَرَنَا مَالِكٌ ، عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا مَثَلُ صَاحِبِ الْقُرْآنِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْإِبِلِ الْمُعَقَّلَةِ ، إِنْ عَاهَدَ عَلَيْهَا أَمْسَكَهَا وَإِنْ أَطْلَقَهَا ذَهَبَتْ

Yang artinya: Telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Yusuf, telah mengabarkan kepada kita Malik dari Nafi’, bin Umar r.a Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya perumpamaan para penghafal al-Qur’an adalah seperti seorang yang memiliki unta yang terikat, jika ia menjaganya makai a pun akan selalu berada padanya, dan jika ia melepaskannya, niscaya akan hilang dan pergi begitu saja”

Dari hadist di atas, sudah terlihat jelas bahwa hadits ini ingin menyampaikan pesan dan nasehat yang sangat penting bagi para penghafal al-Qur’an. Mungkin di sini aku akan menyampaikan beberapa tips yang aku yakin akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal al-Qur’an, di antaranya ialah :

  • Murojaah

Pasti teman-teman penghafal al-Qur’an sudah tidak asing lagi mendengar kata murojaah. Ya benar, arti dari kata murojaah sendiri adalah mengulang bacaan ayat atau surat yang telah kita hafal dengan baik. Jadi kegiatan murojaah ini bisa kita lakukan sesuai keinginan kita dimana pun dan kapan pun. Baik setelah sholat, sebelum tidur atau pun kegiatan lainnya yang memungkinkan kita untuk murojaah.

  • Bergaul dengan orang-orang yang sholeh dan hafidz Qur’an

Maksud dari poin ini adalah sudah selayaknya bila kita selalu dekat dengan orang yang berkompeten tersebut. Dia menyimak bacaan kita, kita pun sebaliknya. Karena dari kegiatan itu akan membawa dampak positif, seperti:

Menjaga sikap istiqomah, karna kadang kita jenuh dengan kesendirian. Tetapi bila kita beratatap muka dengan teman “seperjuangan” kita akan memiliki semangat kembali.

Mengatur konsentrasi dengan baik, karna mungkin biasanya kita sering kehilangan konsentrasi ketika sendiri, tetapi bila kita bersama teman-teman dan dengan lingkungan yang baik, mereka akan mengingatkan kita dengan hal-hal yang membuat kita kehilangan konsentrasi ketika sendirian. Namun hal itu bisa diatasi bila ada teman yang menyimak.

Simak menyimak dengan teman, simak menyimak ini adalah kegiatan yang sangat berguna untuk teman-teman penghafal al-Qur’an. Karna dari sini, teman-teman bisa saling simak menyimak dengan teman. Teman kita bisa menyimak hafalan kita, kitab isa menyimak hafalan teman kita. Sehingga sangat membantu untuk murojaah. 

  • Menentukan hafalan harian

Selanjutnya adalah salah satu cara yang efektif untuk menguasai hafalan dan tidak melupakannya yakni, para penghafal al-Qur’an mematuhi jadwal yang mudah bagi dirinya. Contoh seperti, dalam sehari dia tidak melebihi presentase hafalan harian, agar hal ini tidak membingungkan dirinya sendiri. Selain itu, juga agar kita lebih bersemangat dalam menghafal al-Qur’an. Kemudian lebih baik kita mengisi waktu lainnya untuk mengulang-ulangi hafalan yang telah dihafal sebelumnya siang dan malam, baik didengarkan sendiri atau dengan teman kita.

  • Membacanya dalam sholat

Agar hafalan tetap ada dalam pikiran kita dan tidak mudah lupa, kitab isa membaca surat yang kita hafalkan sewaktu melaksanakan sholat baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Selain itu, memperbanyak bacaan al-Qur’an dalam sholat juga bisa membatu kita menjaga hafalan. Memaknai al-Qur’an saat shalat bisa membuat kita lebih khusyuk saat sholat dan mempertahankan hafalan tetap terjaga dengan baik.

  • Menjauhi maksiat dan sifat tercela

Yang terakhir ialah, perbuatan maksiat dan sifat tercela bisa menimbulkan penyakit hati dan hal ini akan berdampak pada pribadi seseorang. Seseorang yang banyak melakukan maksiat tentunya akan sulit menerima cahaya al-Qur’an apalagi menghafal al-Qur’an dan menjaga hafalannya.

Demikian 5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW. Semoga 5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW ini bermanfaat. Semoga kita semua Allah ridhoi dan berkahi kita dengan al-Qur’an. Aamiin yaa rabbal alaamiin.

Artikel kiriman dari Nasywa Alfitria Rosyadi, Mahasiswi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...