Beranda Keislaman Muamalah 6 Kunci Sukses Berbisnis Ala Imam Az-Zarnuji Untuk Bekal Kembali Bekerja di...

6 Kunci Sukses Berbisnis Ala Imam Az-Zarnuji Untuk Bekal Kembali Bekerja di Masa New Normal

Harakah.id Covid-19 telah menghancurkan tatanan ekonomi yang berdampak besar bagi sebagian besar masyarakat kita. Menuju New Normal, usaha-usaha harus dilakukan kembali. Ada enam tips berbisnis ala Imam az-Zarnuji yang bisa dipegang sebagai rumusnya di masa new normal.

Mungkin ada sebagian di antara kita yang sedang membangun usaha dan bisnisnya. Selain beroda dan memohon keberhasilan dari Allah SWT, trik dan kunci dalam berbisnis juga harus dimiliki. Nah kali ini, saya akan menjelaskan 6 kunci sukses berbisnis yang diilhami dari sebuah bait syi’ir dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya Imam az-Zarnuji. Berikut bunyi syi’irnya:

ذكاء وحرص واصطبار وبلغة … وإرشاد أستاذ وطول زمان

Dalam syi’ir di atas, ada enam kunci utama yang harus diperhatikan mereka yang hendak membuka usaha atau memulai bisnisnya:

  1. Cerdas Menyusun Strategi Bisnis

Sebuah bisnis yang sukses bisa dipastikan berangkat dari sebuah perencanaan yang matang. Perencanaan ini dimulai misalnya dengan melakukan riset tentang produk apa yang akan disediakan atau dijual. Perencanaan bisnis juga disusun berdasarkan problem banyak orang. Karena banyak orang membutuhkan A, maka usaha menyediakan atau memproduksi A berikut pernak-perniknya dijamin akan menarik banyak pelanggan.

  1. Usaha yang Tak Kenal Lelah

Seseorang juga harus memiliki jiwa petarung yang tidak kenal lelah. Bisnis yang mapan juga bisa dipastikan memiliki seorang pemimpin yang pada mulanya memulai dengan usaha dan kerja keras. Ini sudah hukum alam.

  1. Sabar Menghadapi Penolakan, Persaingan dan Tantangan

Rugi, gagal, bangkrut dan persaingan adalah beberapa hal yang lumrah terjadi ketika kita mulai berbisnis dan menggarap sebuah usaha. Sabar ketika diterpa hal-hal yang tidak menyenangkan itu mengajarkan seseorang untuk tetap tangguh, sekaligus memaksanya berpikir kreatif. Mengapa saya rugi? Bagaimana produk saya bisa memiliki kekhasan dibanding pesaing lain? Hal apa yang harus dikembangkan dan diperbaharui?

Baca Juga: Bekerja Tetap Lebih Utama Daripada Iktikaf di Masjid
  1. Punya Modal yang Cukup

Modal, kalau kita analogikan sebuah bangunan, adalah pondasinya. Sebuah bisnis dan usaha tentunya harus dimulai dari modal. Dengan modal ini seseorang bertaruh pada sebuah usaha, apakah kelak ia akan untung, atau justru mendatangkan kerugian. Kalau rugi, harus bangkit lagi!

  1. Sering Konsultasi dan Minta Petunjuk Kepada Ahlinya

Jangan malu bertanya kepada orang yang sudah pengalaman dan memiliki jam kerja pada bidang yang cocok dengan usaha yang akan kita bangun. Intensitas diskusi dan berbagai macam masukan pastinya akan membantu kita menentukan arah bisnis berikut perumusan rencana-rencananya.

  1. Tidak Bisa Instan! Harus Melalui Proses yang Panjang

Ya… butuh waktu memang untuk menikmati bisnis yang sudah mapan dan berjalan dengan teratur. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Ada banyak waktu yang harus digunakan untuk berpikir, berdiskusi dan mencoba.

itulah tadi enam kiat sukses membangun sebuah usaha dari Imam az-Zarnuji. Apapun usahanya, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah status hukumnya. Pastikan uang dan harta yang kita dapatkan dari usaha kita, adalah uang yang halal. Uang yang halal didapatkan dari cara-cara yang dibenarkan oleh syariat.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...