Beranda Keislaman Ibadah Tujuh Hal yang Bisa Bikin Puasa Kamu Batal, Apa Saja?

Tujuh Hal yang Bisa Bikin Puasa Kamu Batal, Apa Saja?

Harakah.id – Puasa kamu batal jika melakukan 7 hal ini. Selain makan dan minum di siang hari, apa saja?

Pada bulan Ramadhan, setiap Muslim yang memenuhi syarat, wajib menjalankan puasa selama sebulan penuh. Secara umum kita tahu bahwa puasa adalah menahan dari dari makan, minum, dan segala hal yang membatalkannya mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Baca Juga: Tradisi Imsak Gak Ada Dalilnya? Kata Siapa, Baca Dulu Ini

“… Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam..” (QS. Al-Baqarah: 187)

Berikut ini, 7 hal yang membatalkan puasa.

Pertama, makan dan minum atau memasukkan sesuatu benda secara sengaja melalui sembilan lubang yang ada pada tubuh manusia. Sembilan lubang itu adalah satu lubang mulut, dua lubang hidung, dua lubang telinga, dua lubang mata, dan dua lubang kemaluan. Beberapa dari lubang tersebut memiliki batasan awal. Ketika seseorang dengan sengaja memasukan suatu benda hingga melewati batasan awal lubang-lubang itu, maka puasanya batal.

Maksud dari batas awal lubang ini, sebagaiman diterangkan dalam kitab Fathul Qarib, misalnya pada hidung, batas awalnya adalah bagian yang disebut muntaha khaysum, posisinya sejajar dengan mata. Kemudian pada telinga batasnya berada di bagian dalam yang sekiranya tidak telihat oleh mata. Sementara mulut, batas awalnya adalah tenggorokan yang biasa disebut dengan hulqum.

Jadi, puasa tidak batal jika, misalnya, seseorang sekadar berkumur karena air masih berada dalam batas awal lubang mulut dan tidak ada sedikit pun bagian dari air itu yang sampai ke tenggorokan. Namun, jika aktivitas masuknya benda melalui lubang tersebut di atas tidak disengaja, maka puasa tidak batal.

Hal ini sebagaimana hadis Nabi Muhammad Saw., “jika lupa sehingga makan dan minum, hendaklah menyempurnakan puasanya. Karena sesungguhnya Allah Swt yang memberinya makan dan minum. (HR. Bukhari-Muslim)

Kemudian, memasukan benda atau obat tertentu ke salah satu lubang kemaluan. Misalnya pengobatan bagi orang yang sakit ambeien. Maka hal ini dapat membatalkan puasa.

Kedua, muntah karena disengaja. Namun, jika seseorang muntah tiba-tiba, maka puasanya tetap sah, asal tidak ada bagian dari muntahan yang tertelan kembali dengan kesengajaan.

Ketiga, melakukan hubungan seksual di waktu puasa. Selain membatalkan puasa, tindakan ini juga punya konsekuensi lain berupa kafarat. Sebagaimana diterangkan dalam hadis,

“Abu Hurairah meriwayatkan, ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Saw. lantas berkata, “celakalah aku! Aku mencampuri istriku (siang hari) di bulan Ramadhan.” Beliau bersabda, “merdekakanlah seorang hamba sahaya perempuan.” Dijawab oleh laki-laki itu, “Aku tidak mampu.” Beliau kembali bersabda, “Berpuasalah selama dua bulan berturut-turut.” Dijawab lagi oleh laki-laki itu, “Aku tak mampu.” Beliau kembali bersabda, “Berikanlah makanan kepada enam puluh orang miskin,” (HR. Al-Bukhari).

Baca Juga: Status Orang yang Mengingkari Kewajiban Puasa Ramadan

Keempat, keluar air mani dengan disengaja. Misalnya akibat bersentuhan dengan lawan jenis atau akibat onani. Lain halnya dengan keluar mani karena mimpi basah. Hal ini tidak membatalkan puasa.

Kelima, haid dan nifas ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Keenam, gila atau hilang akal ketika menjalankan ibadah puasa. Termasuk dalam hilang akal di sini, misalnya orang yang pingsan, mabuk, atau hilang akal karena sengaja menghirup sesuatu yang dapat memabukan.

Ketujuh, murtad atau keluar dari agama Islam ketika menjalankan puasa.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...