Ada 5 Shalat Sunnah yang Tidak Dianjurkan Berjamaah

0
Ada Enam Niat Salat Sunnah Qabliyah Subuh

Harakah.id – Berikut ini adalah shalat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan dengan tidak berjamaah.

Ada dua macam shalat, yakni shalat wajib dan shalat sunnah. Shalat wajib yakni shalat lima waktu yang wajib dikerjakan setiap Muslim yang telah memenuhi syarat. Sedangkan shalat sunnah adalah shalat yang dianjurkan bagi setiap Muslim untuk mengerjakannya, namun tidak berdosa bila meninggalkannya.

Shalat sunnah ada banyak kategori. Dalam mendirikannya, ada yang disunnahkan dengan berjamaah dan ada juga yang justru dianjurkan tidak berjamaah. Berikut ini di antara shalat sunnah yang tidak dianjurkan mengerjakannya dengan tidak berjamaah.

Baca Juga: 5 Shalat Sunnah yang Dianjurkan Berjamaah, Shalat ‘Id Salah Satunya

Pertama, shalat sunnah rawatib, yaitu shalat yang dikerjakan sebelum atau setelah mengerjakan shalat fardhu. Misalnya, shalat sunnah sebelum shalat shubuh, sebelum dan setelah shalat dzuhur, sebelum shalat ashar, sebelum dan sesudah shalat maghrib, dan sebelum dan setelah shalat isya.

Kedua, shalat sunnah witir, maksud shalat sunnah witir di sini adalah shalat sunnah witir yang dikerjakan pada selain bulan Ramadhan. Ketika Ramadhan, dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah witir dengan berjamaah.

Ketiga, shalat sunnah dhuha, shalat sunnah ini di antara fadhilahnya ialah untuk memohon kelapangan rizki dari Allah Swt. Shalat sunnah dhuha juga tidak dianjurkan berjamaah alias lebih baik dikerjakan sendirian.

Baca Juga: Mengembala dan Berdagang Adalah Dua Camp Pelatihan Para Nabi Sebelum Diterjunkan, Tak Terkecuali Nabi Muhammad

Keempat, shalat tahiyatul masjid, yaitu shalat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang masuk masjid. Waktu pelaksanaan shalat sunnah ini boleh dikerjakan selama orang tersebut sampai tiba di masjid dan belum duduk. Kalau sudah duduk, kesunnahan mengerjakan shalat sunnah tahiyatul masjid menjadi gugur.

Kelima, shalat sunnah istikharah, yaitu shalat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk dari Allah, misalnya ketika bimbang untuk menentukan atau memutuskan suatu perkara mana yang lebih baik untuk diambil.

Baca Juga: Bolehkah Bayar Zakat Melalui Pembayaran Dompet Digital?
Baca Juga: Bacaan Surah Yang Dianjurkan Dalam Shalat Sunat Hari Raya