Beranda Keislaman Doa Adab, Tuntunan dan Doa Ketika Mau Ke Kamar Mandi

Adab, Tuntunan dan Doa Ketika Mau Ke Kamar Mandi

Harakah.idInilah adab, tuntunan dan doa ketika mau ke kamar mandi. Muslim perlu tahu agar dapat menjalankan ajaran agamanya dengan baik.

Membaca doa dalam setiap aktifitas yang akan dilakukan, teramat dianjurkan bagi seorang mukmin. Hal ini bertujuan guna meminta (memohon) kepada Allah Azza Wajalla agar senantiasa diberikan kebaikan, kemudahan, dan kelancaran dalam setiap gerak dan aktifitas yang dilakukan. Doa juga dimaksudkan agar kita senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT Tuhan yang Maha Esa dari setiap hal yang tidak diharapkan.

Terdapat banyak doa yang telah diajarkan oleh para Ulama kepada kita untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. salah satunya adalah doa ketika akan masuk dan keluar kamar mandi.

Seperti yang dijelaskan di dalam hadis sebagaimana berikut ini:

    عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya: “Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu mengungkapkan: Apabila Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam  hendak masuk WC, beliau berdoa, Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaits.” (HR. Bukhari)

Lalu bagaimana dengan doa  ketika akan masuk dan keluar kamar mandi /WC? Simak doanya sebagaimana berikut ini

     Doa yang dibaca antara masuk dan keluar pun juga berbeda. Berikut ini doa yang dibaca ketika akan masuk ke kamar mandi.

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Allahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaaits

Artinya: Ya Allah, saya berlindung kepada Engkau dari syetan laki-laki dan syetan perempuan.

Dengan membaca doa ini maka kita akan dapat terhindar dari gangguan dan godaan syetan karena Allah selalu melindungi kita.

     Sedangkan lafal doa saat hendak keluar dari kamar mandi adalah:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ   

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badan saya dan yang telah memberikan kesejahteraan.”

Selain dianjurkan untuk membaca doa, terdapat beberapa adab atau tata cara yang harus ditaati ketika hendak masuk kamar mandi. Diantaranya adalah tidak boleh membawa Alqur’an karena itu kitab suci, tidak diperkenankan membawa cincin atau benda yang bertuliskan lafadzh (nama) Allah.

Kemudian ketika  masuk kamar mandi maka hendaknya menggunakan kaki kiri terlebih dahulu. Sedangkan apabila mau keluar kamar mandi maka didahului dengan kaki kanan. Di dalam kamar mandi tidak boleh menyebut nama-nama Allah secara lisan, zikir cukup dilakukan di hati. Tidak diucapkan secara lisan. Hal itu adalah untuk menghormati nama Allah yang Maha Suci.

Dan ketika sedang membuang hajat (buang air kecil maupun besar)  tidak boleh kita menghadap atau membelakangi arah kiblat (baitullah).  Hal itu dimaksudkan juga untuk menghargai  dan menghormati kiblat sebagai tempat suci yang dirindu-rindukan oleh setiap mukmin di seluruh penjuru dunia.

Sebenarnya tidak apa-apa  menghadap atau membelakangi kiblat tetapi dengan syarat yaitu harus ada hijab (aling-aling/dinding) yang menghalangi. Di dalam kamar mandi/WC kita juga dilarang untuk banyak berbicara atau bercakap-cakap. Sebaiknya itu dihindari oleh setiap mukmin ketika berada di dalam kamar mandi.

Islam adalah agama yang detail dan sempurna, ia tidak hanya mengatur mengenai hal-hal yang besar saja. Ia mengatur setiap aspek dalam kehidupan manusia mulai dari yang terkecil sampai terbesar. Bahkan saat mau masuk dan keluar kamar mandi pun juga diatur dengan baik dan jelas terperinci bersama dengan adab-adabnya.

Ajaran agama Islam mengatur secara teliti seperti itu bukan untuk menyulitkan kehidupan seorang mukmin, melainkan itu memiliki tujuan untuk kebaikan bagi orang-orang mukmin sendiri. Agar dapat terhindar dari setiap hal yang tidak diinginkan.  Inilah yang perlu kita sadari sebagai seorang mukmin. Dari sini kita dapat belajar betapa indahnya Islam.

Oleh karena itu, sebagai orang-orang yang beriman marilah kita senantiasa menjaga keistiqomahan (konsistensi) untuk senantiasa mengawali setiap aktifitas dalam kehidupan sehari-hari dengan membaca doa terlebih dahulu. Termasuk ketika akan masuk dan keluar kamar mandi. Mudah-mudahan dengan itu dapat menjadi alasan bagi Allah untuk terus menjaga dan memberikan perlindungan bagi kita dalam setiap aktifitas. Dan selalu diiringi dengan kebaikan-kebaikan yang banyak di dunia dan akhirat. Aaamiin ya mujiibassaailiin.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...