Arab Saudi Buka Akademi Seni dan Musik Tahun 2020

Pangeran Badr, mengatakan, Arab Saudi termasuk negara yang kaya akan beragam seni, bakat, dan produksi artistik. Ia berharap, berdirinya dua akademi ini akan menjadi langkah pertama menuju kualifikasi akademik dalam seni di Kerajaan.

0
286

Harakah.id – Sebagai bagian dari reformasi budaya Putra Mahkota Mohammed bin Salman, Arab Saudi akan membuka akademi seni dan musik pada 2020. Inisiatif pembangunan dua akademi ini merupakan bagian dari program Kualitas Hidup Departemen Kebudayaan Arab Saudi.

Menteri Kebudayaan, Pangeran Badr, mengatakan, Arab Saudi termasuk negara yang kaya akan beragam seni, bakat, dan produksi artistik. Ia berharap, berdirinya dua akademi ini akan menjadi langkah pertama menuju kualifikasi akademik dalam seni di Kerajaan.

Pembukaan akademi dilakukan bertahap. Pertama, akademi seni dan kerajinan tradisional mulai menerima mahasiswa baru pada musim gugur 2020, dengan target 1.000 mahasiswa dan peserta pelatihan dalam program jangka panjang maupun pendek. Kedua, akademi musik yang akan menerima 1.000 mahasiswa dan peserta pelatiha mulai tahun 2021.

Baca Juga: Seandainya UAS Belajar dari Stand Up Comedian.

Musisi, komposer, dan produser Saudi Mamdouh Saif mengatakan, akademi musik khususnya, akan menjadi inti dari produksi dan pengembangan bakat di Arab Saudi. Menurutnya, industri musik merupakan bidang yang luas dan beragam. Karena itu, pendidikan sebagaimana pembangunan akademi ini sangat penting. “Akademi adalah tempat yang tepat untuk meluncurkan industri musik di Arab Saudi, dan itu akan berdampak signifikan pada pemuda Saudi, dan anak-anak muda di negara-negara sekitarnya,” katanya, dilansir dari Arab News, Senin (19/8/2019).

Ia mengharapkan, pemuda di Arab Saudi menyambut akademi seni dan musik ini dengan semangat dan minat tinggi. “Karena keahlian saya di bidang ini, saya menerima banyak pertanyaan dari orang-orang yang ingin belajar musik, tetapi lewat pelajaran privat,” ungkapnya.

Akademi ini akan menjadi lembaga pendidikan yang mengajarkan musik dengan cara metodologis dan sistematis, akan menjadi awal yang tepat bagi mereka yang tertarik pada musik,” pungkasnya.

Dengan adanya akademi ini, khazanah dan dunia seni Arab khususnya dan lebih luas lagi Timur Tengah diharapkan bisa berkembang. Sebagaimana kita tahu, musik merupakan salah satu bahasa universal manusia. Semoga pembangunan akademi serta pengembangan seni dan musik secara akdemik di Arab Saudi dapat menyatukan dan memberi kesejukan bagi dunia Islam.[]

Baca Juga: Menghitung Zakat Penghasilan Ria Ricis.