Beranda Khazanah Benarkah Rasulullah SAW Mempunyai Kucing Bernama Muezza? Inilah Hasil Penelusuran Awal

Benarkah Rasulullah SAW Mempunyai Kucing Bernama Muezza? Inilah Hasil Penelusuran Awal

Harakah.id Di berbagai publikasi ditemukan keterangan bahwa Rasulullah SAW adalah pribadi yang menyukai kucing. Lebih dari itu, Nabi Muhammad SAW dikabarkan memelihara seekor kucing kesayangan bernama Muezza.

Di berbagai publikasi ditemukan keterangan bahwa Rasulullah SAW adalah pribadi yang menyukai kucing. Lebih dari itu, Nabi Muhammad SAW dikabarkan memelihara seekor kucing kesayangan bernama Muezza.

Wikipedia memuat artikel pendek tentang hal ini. Dalam keterangannya, Wikipedia menulis sebagai berikut:

Muezza (atau Mu’izza) (معزة) adalah kucing kesayangan dari Nabi Muhammad. Berdasarkan suatu riwayat, Nabi Muhammad terbangun mendengar suara Azan. Nabi Muhammad mempersiapkan diri dan berpakaian; namun, Nabi Muhammad menemukan Muezza tidur beralaskan jubah dia.

Dibandingkan mengganggu tidur Muezza, Nabi Muhammad kemudian memotong sebagian jubahnya, meninggalkan Muezza tetap tidur; ketika Nabi Muhammad kembali dari salat, Nabi Muhammad menerima penghormatan dari Muezza sebagai tanda terima kasih. Kemudian Nabi Muhammad mengelus kucing kesayangannya sebanyak tiga kali. Keakuratan cerita ini belum dapat diklarifikasi, karena tidak ada dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Terdapat pendapat, apabila Nabi Muhammad memberikan ceramah dalam rumah, Nabi Muhammad selalu memangku Muezza dalam pangkuannya. Nabi juga menggunakan air wudhu yang telah digunakan Muezza untuk minum. Terutama untuk meneladani Nabi Muhammad atas sayangnya kepada Muezza, seorang Muslim diminta untuk menyayangi kucing. Perlakuan kasar kepada binatang merupakan salah satu tindakan jahat yang paling buruk dalam Islam.

Artikel ini memiliki disklaimer bahwa informasi yang dimuat tidak punya sumber akurat dalam Al-Quran dan hadis. Hal ini menyisakan pertanyaan. Darimana sumber informasi Wikipedia tersebut?

Salah satu sumber yang digunakan Wikipedia adalah buku berjudul When Cats Reigned Like Kings: On the Trail of the Sacred Cats karya Georgie Anne Geyer, terbit pada 2004. Buku ini membuat informasi mengenai kucing di berbagai kebudayaan dunia.

Geyer merupakan wartawan yang membidangi fauna, khususnya kucing. Berbagai informasi menarik berhasil dihimpun berdasarkan liputan yang dilakukannya di berbagai penjuru dunia, termasuk di berbagai negara berpenduduk Muslim.

Dalam laporannya, Geyer menemukan bahwa di kalangan penduduk Muslim berkembang pandangan yang menghormati kucing. Pandangan ini didasarkan kepada informasi yang sulit dilakukan konfirmasi atas kebenarannya.

Tetapi, bagaimana pun, pandangan itu hidup di masyarakat Muslim, serta cerita tentang kecintaan Nabi Muhammad SAW kepada hewan kucing menyebar dan terus diwariskan.

Lalu bagaimana dengan kebenaran kucing bernama Muezza yang disayangi Nabi Muhammad SAW? Di atas sudah disinggung bahwa tidak ada informasi valid mengenai hal ini.

Dalam studi hadis, hampir tidak ditemukan sarjana Muslim yang pernah mengkajinya. Ini menunjukkan bahwa isu ini terbilang baru, mengingat kisah ini tidak ditemukan dalam kitab-kitab sirah nabawiyah maupun kitab-kitab hadis. Tetapi sejak kapan cerita ini muncul, untuk tujuan apa, belum ditemukan literatur yang jelas.

Misteri ini harus segera diungkap dengan segera menyelidikinya untuk memberikan gambaran yang terang tentang asal-usul cerita tentang kucing bernama Muezza.

Di sini kami mengajak para pembaca untuk terlibat dalam penelusuran asal-usul cerita ini. Kami akan membentuk tim peneliti untuk melakukan pelacakan selama satu bulan ke depan. Pembaca dapat membantu penelitian ini dengan cara menyalurkan donasi ke Harakah.id melalui link yang telah tersedia. Dan tunggu hasil penelusurannya. Mari perkaya literasi kita agar dunia menjadi lebih terang.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...