fbpx
Beranda Keislaman Muamalah Cara Rasulullah Mendoakan Orang Sakit dan Kesunnahannya yang Tidak Gugur Meski Pandemi

Cara Rasulullah Mendoakan Orang Sakit dan Kesunnahannya yang Tidak Gugur Meski Pandemi

Harakah.idMenjenguk dan mendoakan orang yang sakit adalah sunnah. Namun di masa pandemi, ketika berkontak fisik dilarang, apakah kesunnahannya berangsur hilang? Tidak. Berikut panduannya…

Orang Islam senantiasa dianjurkan untuk menjenguk orang yang sakit. Entah itu kerabat, kawan, ataupun orang yang kita kenal. Menjenguk orang yang sakit adalah etika sosial yang tidak memerlukan alasan-alasan akidah dan status agama seseorang.

Ketika menjenguk orang sakit, kita dianjurkan untuk turut mendoakan kesembuhan. Ada banyak doa yang bisa kita baca. Tidak harus dengan bahasa Arab, bahasa Indonesia juga boleh. Tapi alangkah baiknya kalau kita juga tahu dan hafal cara maupun doa yang biasa Nabi baca ketika menjenguk orang sakit.

Sayyidatina Aisyah bercerita:

عن عائشة رضي الله عنها أنَّ النَّبيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا اشْتَكى الإنْسَانُ الشَّيْءَ مِنْهُ أَوْ كَانَتْ بِهِ قَرْحَةٌ أَوْ جُرْحٌ قَالَ النَّبيُّ صلى الله عليه وسلم بِأُصْبُعِهِ هكَذا  –وَوَضَعَ سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَة الرَّاوي سَبَّابَتَهُ بِالأَرْضِ ثُمَّ رَفَعَها–  وقال بِسمِ اللهِ تُرْبَةُ أرْضِنَا بِرِيقَةِ بَعْضِنَا يُشْفَى بِهِ سَقِيمُنَا بإذْنِ رَبِّنَا. متفقٌ عَلَيْهِ.

Jika ada seseorang yang sakit atau memiliki luka, Nabi meletakkan jarinya – Sufyan bin ‘Uyaynah menyontohkan dengan meletakkan jari telunjuknya ke tanah lalu mengangkatnya – seraya berdoa ‘Bismillah… turbatu ardhina, biriqati ba’dhina, yusyfa bihi saqimuna, bi idzni rabbina‘.”

nucare-qurban

Adapun makna doa di atas adalah “dengan menyebut nama Allah, debu bumi kami, dengan air ludah sebagian dari kami, sembuhkanlah orang sakit kami dengan itu dan dengan izin Tuhan kami!”

Doa dan praktek penyembuhan seperti ini biasa dilakukan Nabi untuk orang yang memiliki luka pada bagian tubuhnya. Caranya ialah dengan menjilati jari telunjuk terlebih dahulu, lalu menempelkannya ke tanah. Tanah-tanah yang menempel pada jari telunjuk itu kemudian diusapkan kepada luka yang hendak diobati sembari mengucapkan doa di atas.

Jika kasusnya adalah sakit selain luka, maka biasanya Nabi Muhammad saw. membaca doa ini:

وعنها  أنَّ النَّبيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَعُودُ بَعْضَ أهْلِهِ يَمْسَحُ بِيدِهِ اليُمْنَى ويقولُ اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ إذْهِب البَأسَ اشْفِ أنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفاؤكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقماً. متفقٌ عَلَيْهِ .

Bahwasanya Nabi jika menjenguk salah seorang sahabatnya, beliau mengusapkan tangan kanannya dan berdoa ‘allahumma rabbin nas, idzhabil ba’sa, isyfi antas syafi, la syifa’a illa syifa’uka, syifa’an la yughadiru saqaman’.

Ia doa yang bisa kita amalkan ketika menjenguk orang yang terkena demam berdarah, typus, ginjal atau penyakit lainnya yang non luka. Caranya adalah dengan mengusapkan tangan kanan kita ke bagian tubuh orang yang sakit, sembari membaca doa di atas.

Apa yang diajarkan Rasulullah adalah model menjenguk dan mendoakan yang meniscayakan pertemuan dan kontak fisik. Di masa pandemic Covid-19 seperti yang terjadi hari ini, hal itu tentu dilarang dan sama sekali tidak dianjurkan. Lalu apakah kesunnahannya kemudian hilang? tidak.

Kita tetap bisa menjenguk orang sakit melalui platform digital yang memungkinkan kita bersapa salam tanpa harus bertemu secara fisik. Begitupun dengan doa, hal itu bisa kita panjatkan dari jauh untuk orang sakit yang akan kita doakan. Dengan kata lain, menjenguk, bertanya kabar dan mendoakan orang sakit tetap sunnah kita lakukan, meskipun tanpa harus bertemu secara fisik.

- Advertisment -

REKOMENDASI

Berpotensi Besar Melahirkan Kecongkakan Sosial, Para Sufi Kritik Ritual Ibadah Haji

Harakah.id - Ketika berhaji diniatkan hanya untuk mendapatkan status sosial, maka sejatinya ia telah hilang dari visi awal ibadah haji itu...

Meskipun Kontroversial, Soal Etika Beragama, Kita Harus Belajar Kepada Vicky Prasetyo

Harakah.id - Sedang marak berita penahanan Vicky Prasetyo. Meski kontroversial, Vicky tetap bisa kita jadikan acuan soal etika beragama. Dalam sebuah...

Ada Pahala Besar di Balik Anjuran Berpuasa di 10 Hari Pertama Bulan Dzul Hijjah

Harakah.id - Ada amalan lain yang disunnahkan bagi umat Islam pada bulan Dzul Hijjah, yaitu berpuasa. Di Bulan ini, kita sangat...

Lima Nilai Keutamaan Bulan Dzul Hijjah yang Harus Kamu Ketahui!

Harakah.id - Pada dasarnya, semua hari maupun bulan itu sama. Hanya kualitas perbuatan pribadi masing-masing saja yang membedakannya. Akan tetapi, Islam...

TERPOPULER

Mengenal Istilah Ijtihad dan Mujtahid Serta Syarat-Syaratnya

Harakah.id - Hari ini kita banyak mendengar kata ijtihad. Bahkan dalam banyak kasus, ijtihad dengan mudah dilakukan oleh banyak orang, yang...

Jarang Disampaikan, Ternyata Inilah Keutamaan Beristri Satu dalam Islam

Harakah.id - Sunnah hukumnya bagi laki-laki untuk mencukupkan satu istri saja, sekalipun pada dasarnya ia diperbolehkan untuk menambahnya lagi.

Satu Kata dalam Al-Quran Yang Cara Bacanya Aneh

Harakah.id - Di antara kata Alquran terdapat kata yang cara bacanya tidak lazim. Berikut adalah contohnya. Membaca Alquran harus...

Jangan Tertipu, Ini 10 Ciri-Ciri Al-Mahdi yang Datang di Akhir Zaman

Harakah.id ­- Keterangan datangnya dan ciri-ciri Al-Mahdi bersumber dari hadis-hadis Nabi Saw. Di antara tanda-tanda akhir zaman adalah...