Beranda Headline Delapan Makam Ulama Salaf Tempat Tabarrukan Para Ahli Hadis

Delapan Makam Ulama Salaf Tempat Tabarrukan Para Ahli Hadis

Harakah.idMakam ulama salaf, termasuk delapan makam ulama ini, biasa dijadikan tujuan dan destinasi oleh para ahli hadis untuk bertabarrukan. Tabarrukan adalah kegiatan guna mengambil barokah dari sosok-sosok agung yang telah wafat.

Istilah tabarrukan tidak asing di telinga masyarakat Muslim. Tabarrukan adalah bahasa Arab yang berasal dari kata kerja tabarraka yang berarti thalabul barakah atau mencari keberkahan. Sedangkan barakah sendiri berarti ziyadatul khair atau bertambahnya kebaikan. Dengan demikian, secara bahasa, tabarrukan berarti mencari kebaikan lebih banyak.

Tradisi tabarrukan sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad saw. dimana para sahabat ber-tabarruk dengan pakaian, rambut, bahkan keringat serta ludah Nabi. Salah satu tradisi tabarruk yang dilakukan oleh kaum Muslim di masa sekarang adalah dengan cara berziarah ke makam orang shaleh.  

Selain makam Nabi Muhammad saw, umat Islam juga tabarrukan dengan menziarahi makam-makam ulama besar dari generasi sahabat, tabiin dan para imam fiqh dan ahli hadis. Pengunjung makam-makam orang shaleh berasal dari berbagai daerah dan kota, bahkan dari penjuru dunia.

Berikut ini adalah sebagian di antara makam ulama dan orang shaleh yang tempatnya diziarahi dan diambil keberkahannya sebagaimana dicatat para ulama ahli hadis:

1. Thalhah ibn ‘Ubaydillah (w. 36 H)

Seorang sahabat Nabi, muhadditsin dan ahli Badr. Makamnya terletak di Bashrah dan banyak dikunjungi oleh para peziarah.

2. Abu ad-Darda ‘Uwaymir ibn ‘Amir (w. 32 H)

Imam Ibnu Hibban menceritakan bahwa makamnya terletak di Damaskus, banyak dikunjungi serta mempunyai pintu kecil di depan makamnya.

3. Sa’ad ibn Ubadah (w. 16 H)

Sahabat yang memiliki nama kuniah Abu Tsabit ini meninggal di Khuran. sedangkan makamnya yang terkenal dan sering dikunjungi sampai hari ini terletak di desa Ghuthah sebuah desa di Damaskus.

4. Muhammad ibn Sirin (w.110 H)

Seorang tabi’in, faqih, dan terkenal sebagai pentakwil mimpi. Sekretaris Anas ibn Malik ini wafat pada usia 77 tahun. Makamnya terletak di Bashrah dan banyak dikunjungi oleh para peziarah.

5. Abdullah ibn al-Mubarak (w.182 H)

Seorang Imam Mujtahid dan muhaddits, murid Imam Sufyan Al-Tsauri. Ibnu Al-Mubarak meriwayatkan hadis dari Imam Malik ibn Anas. Menurut Imam Ibn al-‘Imad al-Hanbali (w.1089 H) makamnya terletak di kota Bahit yang banyak dikunjungi oleh para peziarah.

6. Umar ibn Abdul Aziz (w.101 H)

Menurut Imam An-Nawawi, Khalifah Umar ibn Abdul Aziz dimakamkan di Badir Sam’an dan banyak dikunjungi oleh para peziarah yang ingin bertabarruk.

7. Imam Asy-Syafi’i (w. 204 H)

Seorang muhaddits dan Imam Madzhab terkenal. Menurut Ibnu Hibban, Imam Asy-Syafi’i wafat pada hari Jum’at pertengahan bulan Rajab, kemudian dimakamkan di kota Fusthat serta banyak dikunjungi oleh para peziarah hingga sekarang.

8. Ibnu ash-Shalah Asy-Syafi’i (w. 643 H)

Seorang zahid dan muhaddits terkenal. Wafat di usianya yang ke 66 tahun. Dimakamkan di pemakaman sufi di daerah Damaskus. Menurut Imam Adz-Dzahabi, pemakamannya banyak dikunjungi peziarah yang ingin bertabarruk di sana dan siapa yang berdoa di sana Insya Allah diijabah oleh Allah.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Ketika Perempuan Menggugat dan Tuhan Mendengarnya, Kisah Khaulah Binti Tsa’labah

Harakah.id - Kisah perempuan yang menyuarakan keadilan sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad saw yang diabadikan kisahnya dalam al-Qur’an, yaitu dalam Qs....

2 Ummahatul Mukminin yang Terkenal Sebagai Muslimah Bekerja

Harakah.id - Muslimah yang memilih bekerja di era modern ini dapat meneladani kehidupan mereka. Mereka punya keahlian profesional, mereka beriman dan berakhlak...

Ini Risalah Lengkap Syaikhul Azhar Mengkritik Keras Keputusan Taliban Melarang Pendidikan Perempuan

Harakah.id - Salah satu yang mengeluarkan kritik adalah Syaikhul Azhar, Syaikh Ahmad Tayeb. Berikut adalah pernyataan lengkap beliau. Berbagai...

Mengagetkan! Habib Rizieq Menolak Diajak Demo, Ingin Fokus Ibadah

Harakah.id - Kalau bentuknya demo, kalian saja yang demo. Gak usah ngundang-ngundang saya. Setuju? Habib Rizieq Menolak Diajak Demo....

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Mengenal Istilah Ijtihad dan Mujtahid Serta Syarat-Syaratnya

Harakah.id - Ijtihad dan Mujtahid adalah dua terminologi yang harus dipahami sebelum mencoba melakukannya. Hari ini kita banyak mendengar kata...