Beranda Keislaman Doa Doa Agar Tidak Diintip Jin Saat Beraktivitas di Kamar Mandi

Doa Agar Tidak Diintip Jin Saat Beraktivitas di Kamar Mandi

Harakah.idKamar mandi atau toilet adalah tempat yang sering dikunjungi jin dan setan. Karenanya, kita dianjurkan meminta perlindungan kepada Allah agar tidak mendapat gangguan dari mereka.

Islam mengajarkan agar kita senantiasa mengingat Allah dalam setiap keadaan. Karenanya, dalam Islam sangat dianjurkan berdoa ketika kita menghadapi situasi baru. Baik situasi tersebut berupa kebaikan maupun keburukan.

Jika berada dalam kondisi baik, kita berdoa dengan doa yang penuh dengan pujian kepada Allah. Sedangkan jika dalam kondisi buruk, kita berdoa akan dijauhkan dan dilindungi dari keburukan tersebut. Inilah adab yang diajarkan dalam Islam secara umum.

Sebagai manusia biasa, kita memiliki kebiasaan buang air. Baik buang air besar maupun buang air kecil. Islam mengajarkan agar kita tidak lupa berdoa kepada Allah ketika dalam situasi ini. Hal ini sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

” إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ، فَإِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ: اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ “

Sungguh, toilet-toilet ini didatangi oleh setan. Ketika seorang dari kalian memasukinya, hendaknya ia berdoa dengan mengatakan, Allahumma inni audzu bika minal khubutsi wal khaba’its (Ya Allah, aku mohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan setan lelaki dan setan perempuan).” (HR Ahmad)

Hadis di atas disebutkan dalam beberapa kitab hadis. Di antaranya Musnad Ahmad, Adabul Mufrad, Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan At-Tirmidzi, Sunan Ibnu Majah, Shahih Ibnu Khuzaimah dan Shahih Ibnu Hibban. Hadis ini sangat populer di kalangan ahli hadis.

Salah satu perawinya adalah sahabat Anas bin Malik. Sahabat muda yang sejak usia dini telah dititipkan kepada Rasulullah SAW agar membantu segala keperluan beliau.

Sahabat Anas bin Malik inilah yang menyaksikan berbagai aktivitas Rasulullah SAW selama di rumah. Termasuk di antaranya adalah apa yang dilakukan oleh Rasulullah ketika hendak masuk kamar mandi.

Sahabat lain yang meriwayatkan hadis ini adalah Zaid bin Arqam. Sahabat muda yang hidup hingga tahun 80-an hijriah. Ia adalah anak asuh sahabat Abdullah bin Rawahah.

Bersama dengan Abdullah bin Umar, Zaid bin Tsabit, dan Bara’, Zaid bin Arqam termasuk anak-anak yang mengajukan diri ikut berperang dalam perang Uhud. Tetapi Rasulullah SAW menolak permohonan mereka karena dianggap masih terlalu kecil. Ketika perang Shiffin, Zaid bin Arqam berada di pihak Ali bin Abi Thalib. Ia meninggal di kota Kufah, Irak.

Kandungan hadis ini menunjukkan bahwa kamar mandi atau toilet adalah tempat yang sering dikunjungi jin atau setan. Kata Al-Husyusy dalam redaksi hadis merupakan jamak dari kata husysy. Pada mulanya berarti sekumpulan pohon kurma yang lebat.

Masyarakat Madinah saat itu buang hajat di sela-sela pepohonan sebelum kemudian berkembang budaya toilet dalam rumah. Demikian keterangan dari Imam Al-Sindi dalam Syarah Sunan Ibnu Majah.

Dalam redaksi hadis digunakan muhtadharah. Kata ini berarti tempat yang didatangi. Dengan demikian, dapat dimengerti bahwa toilet adalah tempat yang sering didatangi oleh setan. Dalam keterangan lain, setan senang dengan tempat-tempat yang jorok.

Toilet atau kamar mandi seringkali menjadi tempat pembuangan kotoran. Ketika tidak dibersihkan, maka ia akan didatangi setan. Dalam keterangan lain dijelaskan bahwa kotoran dan tulang merupakan makanan jin.

Kata Al-Khubuts merupakan jamak dari kata khabits. Khabits sendiri berarti setan laki-laki. Sedangkan Khaba’its merupakan jamak dari kata khabitsah, yang berarti setan perempuan.

Sampai di sini, terang bahwa kamar mandi atau toilet adalah tempat yang sering dikunjungi setan. Karenanya, kita dianjurkan meminta perlindungan kepada Allah agar tidak mendapat gangguan dari mereka.


[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...