Doa Khusus Satu Muharram

0
2172

Bulan Muharram merupakan salah satu dari asyhurul hurum, yaitu bulan-bulan di mana umat Islam dilarang berperang, melakukan kejahatan dan dianjurkan untuk memperbanyak amal shalih. Bulan Muharram punya banyak keutamaan yang bisa melahirkan pahala. Salah satu hal yang dianjurkan ketika masuk Bulan Muharram adalah membaca doa satu Muharram berikut ini. Doa ini dibaca pada hari pertama di Bulan Muharram.

Berikut teks doa satu Muharram:

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَحِيْمِ. اللهم يَا مُحَوِّلَ الحَوْلِ وَالأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالِيْ إِلَى أَحْسَنِ حَالٍ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَا كَبِيْرُ المُتَعَال يَا عَزِيْزُ يَا مِفْضَالُ وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَْحبِهِ وَسَلِّمْ. اللهم هَذِهِ لَيْلَةٌ جَدِيْدَةٌ وَشَهْرٌ جَدِيْدٌ وَسَنَةٌ جَدِيْدَةٌ فَأَعْطِنِي خَيْرَهَا وَخَيْرَمَا فِيْهَا وَاصْرِفْ عَنِّي شَرَّهَا وَشَرَّمَا فِيْهَا وَفِتْنَتَهَا وَمُحْدَثَاتِهَا وَشَرَّ النَفْسِ وَالْهَوَى وَالشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ وهَذِهِ سَنَةٌ جَدِيْدَةٌ أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِا مِنَ الشَّيْطَانِ وَجُنُوْدِهِ وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ مِنْكَ، فَأَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَّرِّهَا وَأَسْتَكْفِيْكَ مُؤْنَتَهَا وَشُغْلُهَا فِي عَقِيْبَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحبِهِ وَسَلِّمْ. َللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وجُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه وَجنوده وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَاالجَلَالِ وَالإِكْرَامِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحبِهِ وَسَلِّمْ

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma ya muhawwilal hauli wal ahwal, hawwil haali ila ahsani haalin bi haulika wa quwwatika ya kabirul muta’al ya ‘azizu ya mifdhol wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallim. Allahumma hadzihi lailatun jadidah wa syahrun jadid wa sanatun jadidah, fa a’thini khairaha wa khaira ma fiha, washrif ‘anni syarraha wa syarra ma fiha wa fitnataha wa muhdatsatiha wa syarran nafsi wal hawa was syaithonir rajim. Allahumma antal abadiyyul qadim, wa hadzihi sanatun jadidah, as’alukal ‘ishmata fiha minas syaithoni wa junudihi, wa a’udzubika min syarriha wa astakfika mu’nataha wa syughluha fi ‘aqibatin birahmatika ya arhamar rahimin. wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallim. Allahumma antal abadiyyul qadim, wa ‘juudikal mu’awwal. Wa hadza ‘aamun jadi qad aqbala. As’alukal ‘ishmata fihi minas syaithani wa awliya’ihi wa junudihi, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsi al-ammarati bis suu’i, wal isytighal bima yuqarribuni ilayka zulfa ya dzal jalali wal ikram. birahmatika ya arhamar rahimin. wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallim.

 

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Wahai dzat yang mampu mengubah berbagai macam keadaan, dengan keagunganMu, keperkasaanMU dan kekuasaanMU, ubahlah keadaanku menjadi sebaik-baiknya keadaan. Semoga Shalawat Allah senantiasa mengalir kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, inilah malam yang baru, bulan yang baru dan tahun yang baru, berilah aku kebaikannya dan seluruh kebaikan yang ada di dalamnya. Dan jauhilah aku dari keburukan dan seluruh keburukan yang ada di dalamnya, fitnahnya, keburukan jiwa dan hawa nafsu serta bisikan setan yang terkutuk. Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Di tahun baru ini, aku memohon perlindunganMu dari Setan dan tentaranya, pertolonganMU dari nafsu yang mengarah pada keburukan serta sibukkan aku dengan hal-hal yang mendekatkan aku kepadaMU. Maka aku memohon segala kebaikan dan berlindung dari segala keburukannya. Bagiku, dengan seluruh kasih sayangmu Wahai Dzat yang Maha Penyayang, hanyalah Engkau yang mampu menolong. Semoga Shalawat Allah senantiasa mengalir kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. Semoga Shalawat Allah senantiasa mengalir kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.”

 

Itulah doa satu Muharram bisa kita amalkan dengan harapan semoga Allah SWT menerima seluruh keinginan dan melindungi kita dari segala keburukan.