Doa Takut, Doa yang Bisa Anda Baca Setiap Merasakan Takut Atau Khawatir!

0
102
Doa Takut, Doa yang Bisa Anda Baca Setiap Merasakan Takut Atau Khawatir

Harakah.idDoa takut ini adalah doa yang bisa dibaca ketika kalian merasa takut. Seperti apa doanya? Yuk simak artikel berikut ini…

Berdoa adalah salah satu cara berikhtiar, khususnya bagi mereka yang mengaku beriman dan percaya kepada Tuhan. Dalam Islam, doa disebut sebagai silahul mu’min, senjatanya orang yang beriman. Selain ada anjuran berikhtiar fisik, setiap orang Muslim juga dianjurkan untuk berikhtiar batin, yakni dengan berdoa. Termasuk doa takut berikut ini.

Indonesia belum bisa dikatakan aman sepenuhnya. Artinya, pada sebagian daerah tingkat kriminalitas masih tinggi. Kita masih sering mendengar berita pencurian, pemerkosaan, dan bahkan pembunuhan. Terutama bagi orang yang berjalan di malam hari dan berada di tempat yang sepi harus hati-hati dengan kondisi ini.

Selain berusaha untuk selalu hati-hati dan menjaga diri, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak doa dan memohon kepada Allah agar selalu dijaga dan dilindungi.

Imam al-Nawawi dalam al-Adzkar mengutip sebuah riwayat terkait doa takut yang diajarkan Rasul ketika kita takut kepada manusia atau lainnya. Doanya sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِي نُحُوْرِهِمْ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شُرُوْرِهِمْ

“Allahumma Inna Naj’aluka fi Nuhurihim wa Na’udzubika min Syururihim”

“Ya Allah, kami menjadikan Engkau sebagai pihak yang memegang leher mereka dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka” (HR: Abu Daud dan al-Nasa’i)

Orang yang sedang berjalan sendirian, atau bertemu dengan orang yang ingin berbuat jahat, dianjurkan untuk memperbanyak doa takut ini. Doa yang sangat cocok dibaca, khususnya untuk kalian yang penakut.

Demikianlah penjelasan dan redaksi doa takut yang bisa diamalkan. Takut dan khawatir adalah perasaan normal yang kerapkali datang ke hati seseorang. Jangan khawatir! Kalau seseorang yakin dia punya Tuhan yang Maha Besar dan menciptakan segalanya, insyallah rasa takut yang bersarang dalam hatinya akan hilang.

Semoga kita selalu terhindar dari marabahaya.