Beranda Khazanah Empat Alasan Kenapa Harus Menikah, Selain Bisa Menundukkan Nafsu Menikah Juga Sumber...

Empat Alasan Kenapa Harus Menikah, Selain Bisa Menundukkan Nafsu Menikah Juga Sumber Rejeki

Harakah.idEmpat alasan kenapa harus menikah. Selain mampu menundukkan hawa nafsu dan syahwat, menikah juga memiliki banyak manfaat lain termasuk perantara turunnya rejeki. Karena itu, Islam sangat menganjurkan ummatnya untuk menikah.

Ajaran Islam juga berisi anjuran untuk menikah dan menjelaskan keutamaannya, hal tersebut dilandasi oleh hadis berikut ini:

“Seorang laki-kali datang menghadap Nabi Saw. Laki-laki itu bernama Ukaf. Nabi Saw. bertanya kepadanya, ‘Hai Ukaf, apakah engkau sudah mempunyai istri? Ukaf menjawab ‘Belum’. Beliau bertanya lagi, ‘Apakah engkau mempunyai budak perempuan?. Ukaf menjawab ‘Tidak’. Beliau bertanya lagi ‘Apakah engkau orang kaya yang baik?. Ukaf menjawab ‘Saya adalah orang kaya yang baik’. Beliau menegaskan ‘Engkau termasuk temannya setan. Seandainya engkau seorang Nasrani, maka engkau adalah salah seorang pendeta diantara pendeta-pendeta mereka. Sesungguhnya sebagian dari sunahku adalah nikah, maka sejelek-jelek kalian adalah yang hidup membujang. Sejelek-jelek orang mati adalah yang mati membujang’.” (HR. Ahmad)

Baca Juga: Suamiku Adalah Kakak Tiriku, Inilah Hukum Menikahi Saudara Tiri Menurut Ulama Syafi’iyah

Dan hadis lainnya yang juga bermuatan anjuran kepada umat islam untuk menikah:

تَزَوَّجُوْا فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ اْلأُمَمَ يَوْمَ الْقِيَـامَةِ، وَلاَ تَكُوْنُوْا كَرَهْبَانِيَّةِ النَّصَارَى

“Menikahlah, karena sesungguhnya aku akan membangga-banggakan jumlah kalian kepada umat-umat lain pada hari Kiamat, dan janganlah kalian seperti para pendeta Nasrani.”(Hadis Riwayat Al-Baihaqi)

رْبَعٌ مِنْ سُـنَنِ الْمُرْسَلِيْنَ: اَلْحَيَـاءُ، وَالتَّعَطُّرُ، وَالسِّوَاكُ، وَالنِّكَاحُ

“Ada empat perkara yang termasuk Sunnah para Rasul: rasa-malu, memakai wewangian, bersiwak, dan menikah.”(Hadis riwayat ay-Thirmizi)

Hadis-hadis tersebut sebagian kecil dari dalil-dalil yang menganjurkan untuk menikah, namun anjuran tersebut bukan tanpa sebab, karna banyak manfaat beserta hikmah yang bisa diambil dari sebuah pernikahan.

Agama Islam mengajarkan bahwa pernikahan adalah separuh dari agama, sesuatu yang suci, baik dan mulia. Pernikahan menjadi dinding kuat yang dapat memelihara manusia dari kemungkinan jatuh ke perkara bernilai dosa karena disebabkan oleh nafsu birahi yang tak terkendalikan. Menurut Syeikh Muhammad At-Tihami, menikah mempunyai beberapa manfaat, dan manfaat yang paling besar adalah mendapatkan keturunan. Dan nikah juga mempunyai beberapa bahaya, dan bahaya yang paling besar adalah kebutuhan yang mendorong seseorang untuk berusaha dengan jalan haram.

Berikut ini adalah empat alasan kenapa harus menikah yang kami rangkum dari kitab Quratul Uyun:

Baca Juga: Perempuan yang Menikah Beberapa Kali, Dengan Suami Ke Berapa Ia Akan Dikumpulkan di Surga Nanti?
  1. Manfaat menikah adalah untuk menyelamatkan pandangan, memelihara kemaluan, dan mengharap keturuna yang lebih baik.
  2. Menikah juga bisa membersihkan hati, menguatkan tekad untuk beribadah dan bekerja dan beristirahat.
  3. Mengajarkan kita untuk bisa mengatur rumah tangga, melatih untuk bekerja keras dan merasa cukup.
  4. Menambah rezki juga termasuk dari manfaat menikah.

Sedangkan bahaya dari menikah menurut Syeikh Muhammad At-Tihami adalah jika kita lemah dan tidak bisa menjaga diri dari jalan haram dalam mencari rezki, dan memenuhi hak istri dalam setiap kendala.

Berkata Abul Abbas Al-Wansyarini di dalam syarahnya yang berjudul “Nawazili barzali” mengungkapkan. Bahwa seorang syaikh yang saleh, yakni abu bakar Al-Waroqi, berkata: “Setiap syahwat dapat membuat hati menjadi keras, kecuali syahwat untuk senggama, maka sesungguhnya syahwat untuk melakukan senggama itu dapat membersihkan hati. oleh karena itu para Nabi melakukan senggama”, tetapi harus melalui jalan yang diridhai ya guys.

Nikah adalah fitrah yang berarti sifat asal dan pembawaan manusia sebagai makhluk. Setiap manusia yang sudah dewasa serta sehat jasmani dan rohaninya pasti membutuhkan teman hidup yang berlawanan jenis kelaminnya. Teman hidup yang dapat memenuhi kebutuhan biologis, yang dapat mencintai dan dicintai, yang dapat mengasihi dan dikasihi, serta yang dapat bekerja sama untuk mewujudkan ketentraman, kedamaian dan kesejahteraan dalam hidup berumah tangga.

Baca Juga: Menikah Di Masa Pandemi dan Momentum Solidaritas Untuk Mereka yang Terdampak

Itulah empat alasan kenapa harus menikah yang mudah-mudahan memotivasi kamu. Maka jangan tunda-tunda lagi untuk menikah, karena menikah itu indah.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...