Empat Bacaan yang Harus Dibaca dalam Shalat, Ternyata Tak Harus Hafal

0
17722

Harakah.idDalam ibadah shalat, ada gerakan dan bacaan yang wajib dilakukan. Terkait dengan bacaan, berikut adalah empat bacaan yang wajib dibaca dengan lisan.

Shalat merupakan ibadah yang sangat penting dalam Islam. Dikenal istilah shalat lima waktu, yaitu lima amalan yang wajib dilaksanakan seorang Muslim dalam sehari. Ia meliputi shalat subuh, zhuhur, asar, maghrib dan isya’. Selain shalat yang lima di atas, ada pula shalat jum’at yang wajib bagi laki-laki serta shalat-shalat sunnah yang jumlahnya sangat banyak.

Dalam ibadah shalat, ada gerakan dan bacaan yang wajib dilakukan. Terkait dengan bacaan, berikut adalah empat bacaan yang wajib dibaca dengan lisan –dengan tidak nyaring dalam shalat shalat.

Takbiratul Ihram

Ketika memulai ibadah shalat, seseorang harus membaca takbir. Takbir yang pertama di dalam shalat disebut takbiratul ihram. Arti dari takbiratul ihram sendiri adalah bacaan takbir yang menandai diharamkannya perbuatan yang tadinya diperbolehkan lalu dilarang dilakukan ketika shalat. Bacaan takbir sudah ada ketentuannya, yaitu menggunakan redaksi Allahu Akbar.

Allahu akbar berarti Allah Maha Besar. Inilah penandan bahwa kita harus fokus menjalani rangkaian ibadah shalat hingga selesai. Secara filosofi, Allahu Akbar merupakan bentuk pengakuan bahwa tiada yang paling agung dalam eksistensi kehidupan kecuali Allah SWT. Allah yang paling utama, Allah yang paling layak diagungkan. Tiada yang pantas diagungkan selain Allah. Segala permasalahan dan beban hidup kita semuanya kecil. Segala apa yang kita anggap luar biasa selain Allah, hanyalah kecil belaka. Karena itu, kita tinggalkan sebentar untuk menghadap Allah yang Maha Agung. Kita latih diri kita untuk meresapi makna bacaan tersebut. Akan lebih baik jika makna tersebut terus teraplikasi dalam kehidupan kita.

Al-Fatihah

Bacaan selanjutnya yang hukumnya wajib dibaca adalah surat Al-Fatihah. Al-Fatihah adalah surat pertama dalam kitab suci Al-Quran. Ia berjumlah tujuh ayat. Berisi tentang anjuran berhubungan baik dengan Allah, pujian atas-Nya, pengakuan atas keesaan, ketuhanan dan kekuasaan-Nya, permohonan pertolongan, dan minta perlindungan dari kemurkaan-Nya. Disebutkan bahwa Al-Fatihah merupakan inti sari Al-Quran.

Tujuh ayat ini harus dibaca ketika shalat. Boleh dengan cara membaca catatan, mushaf, atau buku atau kalau memungkinkan, bisa dihafal terlebih dahulu. Ini tentu tidak akan merepotkan sekalipun akan sedikit repot saat menghafal. Kecuali jika kalian sudah menghafalnya sejak kecil.

Tasyahhud

Tasyahhud diambil dari kata syahadat (kesaksian). Dalam Islam, Syahadat adalah pernyataan bahwa hanya ada satu tuhan yang berhak disembah, yaitu Allah SWT dan pengakuan bahwa Muhammad adalah rasul Allah. Dalam bahasa Arab, diungkapkan dengan redaksi asyhadu an la ilaha illa allah wa asyhadu anna muhammadan rasulullah. Dengan demikian, arti tasyahhud adalah membaca dua kalimat syahadat tadi. 

Dalam shalat, bacaan tasyahhud bukan hanya berisi dua kalimat syahadat di atas. Tetapi ada redaksi yang lebih panjang. Berikut adalah redaksinya;

Attahiyyatul Mubarakatus Shalawatut Thayyibatul Lillah

Assalamu’alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wabarakatuh

Assalamu’alaina wa ‘ala ‘ibadillahis shalihin

Asyhadu an laa ilaaha illa allah

Wa asyhadu anna muhammadan rasulullah

Artinya:

Penghormatan yang penuh berkah serta rahmat yang penuh kebaikan adalah milik Allah

Keselamatan semoga terlimpah kepada engkau wahai Nabi Muhammad, rahmat dan berkah-Nya

Keselamatan semoga terlimpah kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang saleh

Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah

Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah

Demikian bacaan kedua yang wajib dilafalkan saat mengerjakan shalat.

Shalawat

Bacaan selanjutnya yang wajib dilantunkan adalah shalawat. Shalawat adalah permohonan rahmat kepada Allah agar diturunkan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Adalah versi bacaan shalawat yang pendek, ada juga yang panjang.

Berikut adalah bacaan shalawat:

Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad

Wa ‘ala aali sayyidina Muhammad

Artinya:

Ya Allah, limpahkan rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad

Dan limpahkan kepada keluarga junjungan kami, Nabi Muhammad

Salam

Bacaan keempat yang wajib dibaca dalam shalat adalah salam. Salam artinya doa meminta keselamatan. Redaksinya sama persis dengan bacaan salam yang biasa dilakukan di luar shalat. Yaitu Assalamu’alaikum wa rahmatullah.

Dengan dibacanya redaksi salam ini, seseorang kembali diperbolehkan beraktifitas seperti sebelum shalat, seperti berbicara, makan, minum, berjalan dan bergerak bebas.

Demikian empat bacaan yang harus dibaca dalam shalat. Semoga bacaan yang harus dibaca dalam shalat ini bermanfaat.