Beranda Keislaman Hikmah Gambaran Kengerian Neraka Jahannam Menurut Al-Quran dan Hadis Nabi

Gambaran Kengerian Neraka Jahannam Menurut Al-Quran dan Hadis Nabi

Harakah.idKengerian neraka Jahannam digambarkan dalam Al-Quran dan hadis Nabi. Kengerian neraka Jahannam ini bahkan sempat dibuatkan versi komik yang membuat anak-anak takut. Bagaimana kengerian neraka Jahannam menurut Al-Quran dan hadis Nabi?

Sudah bukan rahasia lagi bagi orang-orang yang beriman bahwa surga adalah ganjaran yang diidam-idamkan, sedangkan neraka adalah balasan yang dinaudzu min dzalik-kan.

Surga menjadi tempat yang berisi berbagai macam kenikmatan dan neraka merupakan puncak dari berbagai macam siksaan. Beberapa riwayat bahkan menyebutkan bahwa Nabi Muhammad dan beberapa Sahabat berurai air mata jika membaca atau mendengar ayat yang berisi tentang kengerian neraka Jahannam. Seberapa ngerikah neraka Jahannam?

Ungkapan kengerian neraka Jahannam dimulai dengan firman Allah di dalam surat al-Furqan ayat 66:

انها ساءت مستقرا و مقاما

Artinya: “Sesungguhnya neraka Jahannam adalah seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman”

Kalimat ‘seburuk-buruknya’ sudah cukup menunjukkan bahwa neraka Jahannam merupakan tempat yang paling ‘ngeri’ dari semua tempat yang pernah dijumpai oleh umat manusia.

Beberapa di antara ‘kengerian’ dari neraka Jahannam, satu di antaranya disebutkan Nabi Muhammad dalam hadits beliau yang disampaikan oleh Abdullah bin Mas’ud:

عن عبد الله قال قال رسول الله صلى الله عليه ؤ سلم يؤتى بجهنم يومئذ لها سبعون الف زمام مع كل زمام سبعون الف ملك يجرونها

Artinya: “Neraka Jahannam pada hari kiamat akan didatangkan dengan tujuh puluh ribu tali yang di setiap talinya terdapat tujuh puluh ribu malaikat yang menariknya” (hadits ini dikutip dari kitab Shohih Muslim dengan nomor hadits 2842).

Kengerian lainnya dari neraka Jahannam adalah hadits Nabi Muhammad dari Abu Hurairah:

عن ابي هريرة رضي الله عنه ان رسول الله صلى الله علبه و سلم قال ناركم جزء من سبعين جزءا من نار جهنم

Artinya: “Api kalian semua (api di bumi) hanya satu bagian dari tujuh puluh bagian panasnya neraka Jahannam” (hadits ini dikutip dari kitab Shohih Bukhari dengan nomor hadits 3265). 

Jika panasnya bumi yang hanya 1/70 panasnya neraka Jahannam saja mampu membuat manusia memakai helm, sarung tangan, masker, krim pelindung matahari, dsb; lalu bagaimana manusia mampu bertahan di dalam neraka Jahannam? Saking ‘ngeri’nya neraka Jahannam, tiga di antara Khulafa’ ar-Rasyidin membayangkannya saja tak mau. 

Umar bin Khattab pernah berkata

يا ليتني كنت كبشا لاهلي فذبحوني و اكلوا لحمي و فرقوا اعضائي و مزقوا عظامي و لم اسمع بذكر جهنم

Artinya: “Wahai angan-anganku. Seandainya aku adalah kambing kibas milik keluargaku; meski mereka menyembelihku, lalu memakan dagingku, lalu memisahkan anggota badanku, lalu mencacah tulangku, sungguh hal itu lebih baik daripada aku mendengar istilah neraka Jahannam”. 

Abu Bakar as-Shiddiq juga berkata

يا ليتني كنت في المفلوز اكل الثمار و اشرب من الانهار واوى الاغصان نا الاشجار وليس على حساب ولا عذاب ولم اسمع بذكر جهنم 

Artinya: “Wahai angan-anganku. Seandainya aku adalah burung di hutan yang memakan buah-buahan, meminum air sungai, berkelana di dahan-dahan pohon, dan tidak mendapat hisan ataupun adzab, itu sungguh lebih baik bagiku daripada mendengan istilah neraka Jahannam”. 

Kemudian Ali bin Abi Thalib juga berkata

يا ليت امي لم تلدني ويا ليتني مت صبيا ويا ليتني كنت حشيشا اكلتني البهائم ويا ليتني السباع مزقت لحمي و لم اسمع بذكر جهنم

Artinya: “Wahai angan-anganku. Seandainya ibuku tidak melahirkanku, seandainya aku mati sejak kecil, seandainya aku menjadi rumput yang dimakan hewan ternak, seandainya hewan buas merobek-robek dagingku; sungguh hal itu lebih baik daripada mendengar istilah neraka Jahannam”.

Semoga kita semua dihindarkan dari kengerian siksa-siksa neraka Jahannam dan neraka-neraka lainnya. Amin.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...