Beranda Keislaman Hadis Hadis-Hadis Tentang Tanda-Tanda Kiamat Yang Sudah Banyak Terjadi

Hadis-Hadis Tentang Tanda-Tanda Kiamat Yang Sudah Banyak Terjadi

Harakah.idDatangnya hari kiamat adalah teka-teki besar dan misteri yang tak terpecahkan. Bahkan sekelas Rasulullah SAW pun tak mengetahui kapan hari kehancuran itu terjadi. Inilah hadis-hadis tentang tanda-tanda hari kiamat yang sudah banyak terjadi.

Pernahkah kita berfikir kapan kiamat terjadi? Atau kita berfikir bagaimana kiamat itu terjadi? Tentunya pertanyaan-pertanyaan tadi sering muncul di benak setiap orang, tapi dengan memikirkan hal tersebut apakah kita sudah mempersiapkan kedatangan hari kiamat. Sebagai muslim yang beriman sudah sewajarnya kita meyakini bahwa kelak hari kiamat pasti akan terjadi. 

Datangnya hari kiamat adalah teka-teki besar dan misteri yang tak terpecahkan. Bahkan sekelas Rasulullah SAW pun tak mengetahui kapan hari kehancuran itu terjadi, hanya Allah-lah satu-satunya yang mengetahui kapan terjadi kiamat. Namun demikian, Allah memberi tanda-tanda tentang datangnya hari kiamat. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Q.S. Muhammad [47]: 18. 

هَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا السَّاعَةَ أَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً فَقَدْ جَاءَ أَشْرَاطُهَا فَأَنَّى لَهُمْ إِذَا جَاءَتْهُمْ ذِكْرَاهُمْ

maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat(yaitu) kedatanngannya kepada mereka secara tiba-tiba , karena sesungguhnya telah dating tanda-tandanya (QS Muhammad : 18)

Dalam kitab-kitab turats, tanda-tanda kiamat dikenal dengan Asyrot Al Sa’ah. Dalam beberapa kesempatan, Rasulullah SAW seringkali menjelaskan tentang tanda-tanda tersebut, yang sudah banyak kita temukan di beberapa kitab hadits. Setidaknya ada 3 tanda-tanda yang disampaikan Rosulullah SAW dan sudah banyak terjadi pada saat ini, sebagai berikut :

Pertama, berlomba-lomba membangun masjid megah. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqy di dalam kitab Syu’ab Al Iman :

عَنْ عَلِيٍّ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يُوْشِكُ أَنْ يَأْتِيَ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يَبْقَى مِنَ الِإسْلاَمِ إِلَّا إِسْمُهُ وَلَا يَبْقَى مِنَ الْقُرْآنِ إِلَّا رَسْمُهُ، مَسَاجِدُهُمْ عاَمِرَةٌ وَهِيَ خَرَابٌ مِنَ الْهُدَى عُلَمَاؤُهُمْ شَرٌّ مَنْ تَحْتِ أَدِيْمِ السَّمَاءِ مِنْ عِنْدِهِمْ تَخْرُجُ الْفِتْنَةُوفِيْهِمْ تّعُوْدُ. (رواه البيهقي في شعب الإيمان)

diriwayatkan dari ‘Ali bin Abi Thalib Ra  berkata, Rasulullah saw bersabda :manusia akan sampai pada suatu zaman dimana islam hanya tinggal Namanya, Al qur’an hanya tulisannya, masjid-masjid megah namun jauh dari petunjuk, ulama-ulama adalah seburuk-buruknya orang yang berada dibawah kolom langit, dari mereka timbul dan Kembali sebuah fitnah”. (HR. Al Bayhaqi di dalam kitab Syuab Al Iman)

Fenomena tadi banyak kita jumpai di berbagai belahan daerah , namun sangat disayangkan mereka hanya berlomba-lomba membangun masjid dan lupa untuk berlomba-lomba meramaikannya.

Kedua, banyak orang mengonsumsi miras dan maraknya perzinahan. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik Bin Anas dalam kitab Shahih Bukhori :

عَنْ أَنَسِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ وَيُشْرَبَ 

الْخَمْرُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا.( رواه البخاري)

“Diriwayatkan dari Anas Bin Malik Ra berkata, Rasulullah Bersabda: termasuk dari tanda-tanda kiamat adalah Diangkatnya Ilmu, ditetapkan kebodohan, khomer dikonsumsi, tampaknya perzinahan”. (HR. Imam Bukhori).

Maraknya penjualan miras dan prostitusi pada zaman ini merupakan contoh terbuktinya sabda nabi didalam Hadits di atas.

Ketiga, Ka’bah sepi dari peribadatan. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan Said Al khudri dalam kitab Shahih Ibnu Hibban :

عَنْ أَبِيْ سَعِيْدالخُدْرِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ،عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ:لَاتَقُوْمُ السَّاعَةُحتَّى لَايُحَجَّ البَيْتُ (رواه ابن حبان والحاكم)

“Diriwayatkan dari Said Al Khudri Ra, Dari Nabi SAW, Bersabda : Tidak akan datang hari kiamat sampai baitullah (ka’bah) tidak lagi dikunjungi (ibadah)”. (HR. Imam Ibnu Hibban dan Imam Al Hakim).

Penggambaran dalam Hadits di atas merupakan beberapa fenomena terkait tanda-tanda kiamat yang mungkin saat ini sudah banyak terjadi. Kita tidak mengetahui apakah tanda-tanda tersebut merupakan tanda dekatnya ahri kiamat. Oleh karena itu, sikap yang bijak dalam menghadapinya adalah memperbaiki diri dan senantiasa mematuhi perintah Allah dan menjauhi larangan-NYA. Jika kiamat ibarat awal dari perjalanan panjang, maka amal sholeh-lah yang layak menjadi bekal yang terbaik. 

Demikian penjelasan singkat seputar hadis-hadis tentang tanda hari kiamat. Semoga hadis-hadis tentang tanda hari kiamat ini bermanfaat.

REKOMENDASI

Muslim Tapi Musyrik, Kerancuan Stigma dan Pemikiran Kaum Salafi Terkait Konsep Kafir dan Syirik

Harakah.id - Muslim tapi Musyrik adalah stigma dan status yang tampaknya baru lahir belakangan ini. Penyebabnya adalah, ada sebagian kelompok yang...

Kalau Hidup Anda Terasa Sempit Dan Sesak, Coba Amalkan dan Baca Shalawat Fatih Pelapang...

Harakah.id – Shalawat Fatih ini cocok dibaca ketika anda merasa hidup sesak dan sempit. Di satu situasi, kita seringkali merasa hidup...

Kita Sering Diceritakan, Bahwa Di Awal Penciptaan, Seluruh Malaikat Bersujud Kepada Nabi Adam. Benarkah...

Harakah.id - Malaikat bersujud kepada Nabi Adam adalah hal atau peristiwa yang seringkali dikisahkan dalam kisah-kisah permulaan Adam diciptakan oleh Allah....

Syukur Bisa Diungkapkan Dengan Banyak Cara, Salah Satunya Dengan Sujud. Ini Doa Ketika Sujud...

Harakah.id - Sujud Syukur adalah salah satu bentuk ungkapan yang terima kasih dan bersyukur. Syekh Nawawi dalam Nihayah al-Zain, mengutarakan ada...

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...