Beranda Keislaman Akhlak Hargai Privasi Saat Hendak Bertamu, 3 Kali Salam Tak Dijawab, Balik Kanan!

Hargai Privasi Saat Hendak Bertamu, 3 Kali Salam Tak Dijawab, Balik Kanan!

Harakah.id – Mengucap hingga 3 kali salam tak dijawab alias tidak ada respon dari tuan rumah, segera balik kanan, pulang. Hargai hak dan privasi tuan rumah. Coba kunjungi di lain hari dan kesempatan.

Seorang Muslim hendaknya memperhatikan adab dan etika ketika bertamu mengunjungi rumah teman, saudara atau orang lain. Di antaranya ialah dengan mengucapkan salam sebelum masuk rumahnya.

Selain merupakan doa, salam di sini juga dimaksudkan sebagai permintaan izin kepada tuan rumah untuk masuk dan bertemu.

Baca Juga: Ajaran Islam Soal Menghormati Privasi Orang Lain

Di pihak lain, tuan rumah juga punya hak serta kedaulatan untuk menerima atau menolak tamu. Meski memuliakan tamu juga diperintahkan dalam Islam, namun orang yang berniat hendak bertamu harus juga menjaga adab dan menghormati hak serta privasi orang yang punya rumah.

Ketika sudah mengucap 3 kali salam tapi tidak ada jawaban dari tuan rumah, maka sebaiknya segera balik kanan, pulang. Urungkan niat bertamu. Jangan berspekulasi macam-macam. Pahami bahwa itu adalah hak tuan rumah.

Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw.,

عن أَبي موسى الأشعري رضي الله عنه قَالَ قَالَ رسول الله صلى الله عليه وسلم الاسْتِئْذَانُ ثَلاثٌ ، فَإنْ أُذِنَ لَكَ وَإِلاَّ فَارْجِعْ. متفقٌ عَلَيْهِ .

“Meminta izin itu tiga kali. Jika diizinkan, maka lakukanlah. Jika tidak, pulanglah!”

Hadis yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Musa al-Asy’ari ini berbicara tentang etika dalam bertamu ke rumah seseorang.

Baca Juga: Islam Mengajarkan Ummatnya Untuk Saling Bertegur Salam, Namun Ada Empat Adab yang Harus Diperhatikan!

Sebagai sebuah penghormatan kepada si tuan rumah, mengucapkan salam dan meminta izin untuk masuk serta bertemu adalah hal wajib yang pertama kali harus dilakukan. Hal ini penting diperhatikan, karena seringkali kita tidak tahu apakah si tuan rumah punya waktu luang atau justru sibuk mengerjakan sesuatu.

Fungsi salam dan minta izin adalah untuk mengetahui apakah si tuan rumah berkenan untuk dikunjungi. Hari ini banyak sekali media untuk itu, selain mengucapkan salam tentunya. Bisa ketok pintu atau memencet bel rumah yang disediakan di pintu rumah seseorang.

Baca Juga: Menjamu Tamu Atau Shalat Berjamaah di Masjid, Mana Yang Didahulukan?

Sesuai dengan hadis di atas, tiga kali adalah hitungan normal untuk mengukur hal tersebut. Mengucapkan salam sebanyak tiga kali, mengetok pintu sebanyak tiga kali atau memencet bel sebanyak tiga kali.

Jika dalam hitungan tersebut, 3 kali salam tak dijawab, tuan rumah tak kunjung merespon atau memberikan izin, maka si tuan rumah sedang sibuk atau tengah tidak ingin didatangi tamu. Sesuai dengan anjuran Nabi, setelah tiga kali salam kita tidak dijawab, maka kita harus pulang.

Nabi Muhammad Saw. sendiri juga mencontohkan hal ini. Suatu kali, beliau pernah hendak bertamu ke rumah salah seorang sahabat terkait sebuah urusan. Nabi mengucapkan salam sebanyak tiga kali. Karena tidak ada respon, beliau kemudian berpaling dan pulang ke rumah.

Baca Juga: Alasan Kiai Saifuddin Zuhri Menolak Keputusan Soekarno Tentang Pembubaran HMI

Apa yang dicontohkan oleh Nabi ini merupakan etika dasar bertamu dalam ajaran Islam. Tujuannya tak lain adalah membangun kepekaan sosial, yang pada akhirnya tentu akan membentuk keharmonisan dan kehidupan masyarakat yang saling menghargai.

Jadi, kalau ketok pintu rumah tiga kali tidak dijawab, 3 kali salam tak dijawab, maka sebaiknya anda pulang! Jangan maksa, jangan menduga-duga apalagi kepo sana sini. Masih banyak waktu. Coba kunjungi di lain hari dan kesempatan.

Baca Juga: Beratnya Dosa Ghibah, Taubatnya Tak Sempurna Sebelum Minta Maaf

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Mengagetkan! Habib Rizieq Menolak Diajak Demo, Ingin Fokus Ibadah

Harakah.id - Kalau bentuknya demo, kalian saja yang demo. Gak usah ngundang-ngundang saya. Setuju? Habib Rizieq Menolak Diajak Demo....

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...