Beranda Keislaman Hikmah Inilah Amalan yang Membuat Manusia Masuk Surga Bersama Para Nabi dan Ulama

Inilah Amalan yang Membuat Manusia Masuk Surga Bersama Para Nabi dan Ulama

Harakah.idMenghafal 40 hadis Nabi mempunyai keutamaan tersendiri. Di antaranya adalah membuat manusia masuk surga bersama para nabi dan ulama. Masuk surga bersama para nabi dan ulama dengan menghafal 40 hadis ini disebutkan dalam kitab Mawaizh Ushfuriyyah.

Syaikh Muhammad bin Abu Bakar al-Ushfuri di dalam Kitab al-Mawaidz al-Ushfuriyyah menyebutkan bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda: “Siapapun di antara umatku yang mampu menjaga 40 hadits, maka kelak ia akan masuk surga dan Allah menggiringnya bersama para Nabi dan Ulama’”. Para Sahabat kemudian bertanya, “Wahai Rasulullah, apa saja 40 hadits itu?”. 

Nabi Muhammad menjawab, “1) Kau beriman kepada Allah, hari akhir, para malaikat, kitab-kitab Allah, para Nabi, hari kebangkitan setelah kematian, dan Qadar (yang baik atau buruk) dari Allah. 2) Kau bersaksi bahwa tiada Tuhan yang layak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasul-Nya. 3) Melaksanakan shalat tepat waktu dengan ruku’ & sujud yang sempurna dan wudhu yang sempurna pula. 

4) Membayar zakat dengan baik, berpuasa di bulan Ramadhan, dan berhaji bila masuk kategori ‘mampu’. 5) Kau shalat sunnah 12 raka’at setiap harinya. 6) Kau shalat witir 3 raka’at. 7) Tidak menyekutukan Allah dengan hal apapun. 8) Tidak mendurhakai Ayah dan Ibu. 9) Tidak ‘memakan’ harta anak yatim. 

10) Tidak ‘memakan’ harta riba. 11) Tidak meminum khamr. 12) Tidak berbohong di dalam sumpah. 13) Tidak melakukan persaksian palsu. 14) Kau tidak mengikuti hawa nafsumu. 15) Tidak menggunjing saudara. 16) Tidak berkhianat. 17) Tidak menuduh perempuan yang telah menikah dengan tuduhan zina (tanpa dasar). 18) Tidak ada prasangka bahwa Kau riya’, sehingga amal perbuatanmu akan hilang. 

19) Kau tidak terlena dengan permainan-permainan yang tidak mendatangkan kebermanfaatan. 20) Tidak menyebut orang-orang yang lemah dengan panggilan ‘Wahai Si Lemah’ (dengan tujuan merendahkan). 21) Kau bersabar ketika mendapatkan musibah. 22) Tidak merasa aman dari adzab Allah. 

23) Tidak menyebarkan gossip (fitnah) pada orang-orang. 24) Bersyukur kepada Allah atas segala pemberian-Nya. 25) Tidak berputus asa dari kasih sayang Allah. 26) Kau memahami bahwa ujian yang menimpamu bukan untuk merusakmu dan sesungguhnya kekeliruanmu bukan musibah untukmu. 

27) Kau tidak mencari kemarahan Allah dengan mengganti ridha ciptaan-Nya. 28) Tidak mendahulukan dunia dan ‘menomor duakan’ akhirat. 29) Jika saudara se-iman meminta sesuatu yang Kau miliki, maka Kau tidak kikir (memberinya).

30) Dalam urusan agama melihat orang-orang yang di atasmu, sedangkan dalam urusan dunia melihat orang-orang yang di bawahmu. 31) Kau tidak mudah berbohong, lalu berkumpul dengan setan. 32) Jauhi kebatilan dan jangan pernah mengambilnya atau melakukannya. 33) Jika Kau mendengar kebenaran, maka jangan pernah Kau simpan. 

34) Didiklah istri dan anakmu dengan hal yang bermenfaat menurut Allah dan mendekatkan mereka pada-nya. 35) Berbuat baiklah pada tetangga-tetanggamu. 36) Sambunglah tali silaturrahmi dan jangan melaknat ciptaan-ciptaan Allah. 37) Perbanyak membaca tahlil, tasbih, tahmid, dan takbir. 

38) Jangan pernah meninggalkan Al-Qur’an (membacanya). 39) Jangan pernah meninggalkan shalat Jum’at, jamaah shalat, dan shalat ‘Id. 40) Lihatlah segala sesuatu yang Kau tidak rela jika tertimpanya, maka jangan pernah melakukan hal itu pada orang lain”. 

Berat bukan? Tentu saja. Setiap hal yang bernilai tinggi, pasti mendapatkannya sulit. Syaikh az-Zarnuji di dalam Ta’lim al-Muta’allim mengatakan bahwa “Besarnya anugerah Allah bergantung pada variasi ujian yang diterima hamba-Nya”. 

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Mengagetkan! Habib Rizieq Menolak Diajak Demo, Ingin Fokus Ibadah

Harakah.id - Kalau bentuknya demo, kalian saja yang demo. Gak usah ngundang-ngundang saya. Setuju? Habib Rizieq Menolak Diajak Demo....

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...