Beranda Khazanah Inilah Tiga Kampus Pusat Kajian Islam dan Hadis di Eropa Beserta Tokohnya

Inilah Tiga Kampus Pusat Kajian Islam dan Hadis di Eropa Beserta Tokohnya

Harakah.idKita akan mengenal tiga kampus yang memiliki atau melahirkan sarjana yang berpengaruh dalam bidang pengkajian Islam, khususnya yang punya kontribusi dalam studi hadis.

Islam merupakan fenomena global. Islam tidak hanya mendapat perhatian dari para pemeluknya. Ia juga diperhatikan oleh orang-orang yang notabenenya tidak percaya pada Islam. Terlepas dari konteks kebutuhan dan kepentingan seperti apa yang melatarbelakangi dan perspektif yang digunakan untuk memahami Islam, nyatanya Islam dan masyarakat Islam telah menjadi objek kajian penting di beberapa kampus di Barat.

Beberapa kampus di Eropa telah memiliki program pengkajian Islam (islamic studies). Biasanya berbentuk departemen pengkajian Islam atau semacam program studi tentang keislaman. Sebagian lainnya, masih menggunakan istilah lama seperti studi oriental.

Dalam artikel ringkas ini, kita akan mengenal tiga kampus yang memiliki atau melahirkan sarjana yang berpengaruh dalam bidang pengkajian Islam, khususnya yang punya kontribusi dalam studi hadis.

School of Oriental and African Studies (SOAS

Inggris adalah negara yang punya perhatian khusus terhadap bangsa-bangsa Asia dan Afrika. Kampus-kampus di Inggris punya program studi tentang dunia Timur dan Afrika. Sebenarnya ada cukup banyak, tetapi kita akan mengenal salah satunya saja.

Di antara sekian banyak kampus yang membuka program pengkajian terhadap dunia Islam dan keislaman adalah Universitas London, Inggris. Kampus ini punya cabang khusus yang membidangi kajian tentang isu ini. Yaitu School of Oriental and African Studies (SOAS). Didirikan pada tahun 1916, SOAS terletak di daerah Bloomsbury di pusat kota London. Sekalipun pada mulanya didirikan untuk mendukung ‘kehadiran’ Inggris di negara-negara jajahan, sekarang ia punya peran yang lebih strategis.

Salah satu pakar pengkajian Islam di kampus ini, yang relevan dengan kajian hadis, adalah Michael Cook. Ia lahir di Inggris pada tahun 1940. Pakar sejarah Islam. Pernah belajar di pascasarjana SOAS pada 1963-1966. Ia adalah murid James Robson, seorang penerus aliran skeptisisme dalam orientalisme sebagaimana dikembangkan Ignaz Goldziher dan Joshep Schacht.

Universtias Leiden

Belanda menjadi negara di Eropa Barat yang memiliki perhatian tinggi terhadap dunia Islam. Salah satu kampus yang banyak melahirkan pakar-pakar dunia Islam adalah  Universitas Leiden. Didirikan pada tahun 1575 oleh Pangeran Willem van Oranje, univeritas negeri ini adalah kampus tertua di Belanda.

Di antara para pakar sejarah Islam dan kajian hadis adalah Ignaz Goldziher (1850-2921). Tokoh orientalis terkemuka asli Hungaria ini merupakan orang yang pernah belajar di kampus tersebut. Ia menghabiskan waktu hanya enam bulan saja untuk memahami sejarah Islam di kampus terbesar di Eropa Barat itu.

Tokoh lain yang berasal dari lingkungan Universitas Leiden adalah GHA Joynboll.  Lahir pada tahun 1935 dan meninggal pada tahun 2010. Ia mengawali kuliah di Kampus Leiden. Ia memperolah gelar doktor dalam kajian Arab dan Islam pada tahun 1969. Ia kemudian menjadi dosen di Amerika dan Inggris, lalu memutuskan mandiri pada tahun 1985.

Nijmegen University

Nijmegen University atau Radboud Universitet Nijmegen adalah kampus lain di Belanda yang memiliki ahli di bidang kajian Islam dan hadis. Didirikan pada tahun 1923, Radboud University secara konsisten telah dimasukkan dalam 150 universitas teratas di dunia.

Pakar kajian sejarah Islam dan hadis di kampus ini adalah Harald Motzki. Pria yang lahir pada 1948 dan wafat pada 2019 ini adalah seorang sarjana dalam kajian Islam yang belajar di Jerman yang menulis tentang transmisi hadits. Ia menerima gelar PhD dalam Studi Islam pada tahun 1978 dari Universitas Bonn.

Jika Ignaz Goldziher, Michael Cook, Joynboll adalah para sarjana Barat beraliran revisionis-skeptis, maka Harald Motzki disebut beralian revaluasi. Demikian Jonathan Brown mengkalisifikasikan Motzki bersama Nabia Abbot dari Amerika Serikat.

Demikian beberapa Pusat Kajian Islam dan Hadis di Eropa, universitas di Barat yang memiliki ahli-ahli di bidang kajian Islam, khususnya kajian hadis Nabi SAW. Semoga ulasan Pusat Kajian Islam dan Hadis di Eropa ini dapat menambah wawasan kita bersama.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...