Beranda Keislaman Ibadah Keutamaan Mengeluarkan Zakat dalam Islam yang Perlu Kamu Tahu

Keutamaan Mengeluarkan Zakat dalam Islam yang Perlu Kamu Tahu

Harakah.idAda banyak sekali hikmah di balik kewajiban zakat. Berdasarkan penelusuran dalil-dalil dan beberapa pendapat ulama, berikut hikmah-hikmah disyariatkannya zakat.

Berbicara tentang Ramadhan, penting pula membincang tentang ibadah dan ritual yang ada di dalamnya. Sebagai bulan penuh rahmat, ampunan, dan berkah dari Allah Swt, ada dua ritual keagamaan yang Tuhan wajibkan pada pemeluk agama Islam, khusus pada bulan ini, yaitu puasa dan zakat.

Jika puasa diartikan sebagai bentuk penyucian diri (jiwa) untuk menjadi lebih dekat dan harmoni dengan Tuhan (takwa), maka zakat dapat dipahami sebagai perintah agama untuk menyucikan harta yang dimiliki sehingga harta itu menjadi lebih berkah dan bernilai di mata Sang Pencipta. Selain itu, dari sisi sosial kemanusiaan, zakat juga dapat dijadikan sebagai pemerataan ekonomi masyarakat untuk memperkecil terjadinya ketimpangan sosial. Lewat zakat, Islam ingin menampakkan wujud kasih sayang dan kepeduliannya pada manusia. Dari sini pula dapat dipahami bahwa Islam adalah agama yang tidak hanya mengatur hubungan hamba dan Tuhannya tapi juga memperhatikan hubungan antar sesama manusia bahkan alam seisinya.

Zakat adalah salah satu ibadah wajib dalam Islam. Kewajiban zakat pada masa Rasulullah diberlakukan secara bertahap. Pada periode Rasulullah Saw bermukim di Makkah, ajaran tentang zakat baru disampaikan secara umum. Belum lengkapt dan rinci. Di antara ayat yang turun pada masa ini, adalah QS Al-Rum: 38-39. Allah Swt berfirman,

وما آتيتم من زكاة تريدون وجه الله فألئك هم المضعفون

Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka yang berbuat demikian itulah orang-orang melipat gandakan pahalanya. (QS Al-Rum: 38-39).

Pada periode Madinah, turun perintah pelaksanaan zakat yang secara lebih lengkap dan rinci. Sudah ada dijelaskan beberapa ketentuan zakat, jenis-jenis, syarat-syarat, dan batasan hitungannya. Ketentuan ini ditandai dengan turunya firman Allah:

Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS Al-Taubah: 60)

Ada banyak sekali hikmah di balik kewajiban zakat. Berdasarkan penelusuran dalil-dalil dan beberapa pendapat ulama, berikut hikmah-hikmah disyariatkannya zakat.

1. Mendapat Hidayah atau Petunjuk dari Allah Swt

Allah Swt berfirman dalam QS Al-Taubah: 18,

إنما يعمر مساجد الله من آمن بالله واليوم الآخر وأقام الصلاة وآتى الزكاة ولم يخش إلا الله فعسى أولئك أن يكون من المهتدين

Yang memakmurkan masjid-masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut pada siapapun selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapatkan petunjuk.

Al-Imam Fakhruddin Ar-Razi menjelaskan bahwa para pembayar zakat mendapat hidayah dalam segala urusan mereka (Al-Fakhrur Razi, Tafsir Al-Fakhrur Razi, Beirut Dar Ihya’it Turats al-Arabi, juz 1 halaman 2189).

2. Menghilangkan keburukan harta dan diri

Rasulullah Saw bersabda dalam hadisnya,

من أدى زكاة ماله فقد ذهب عنه شره

Barang siapa membayar zakat hartanya, maka kejelekannya akan hilang dari dirinya.” (HR Al-Haitsami)

3. Mendatangkan Keberkahan

Rasulullah Saw bersabda,

عن أبي هريرة عن رسول الله قال ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا وما تواضع أحد إلا رفعه الله

Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah Saw, beliau bersabda, Sedekah (Zakat) tidak akan mengurangi harta, tidaklah Allah menambah seorang hamba sebab pengampunannya kecuali kemuliaan, dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah melainkan Allah angkat derajatnya (HR Muslim)

Selain hikmah yang telah disebutkan terdapat banyak hikmah lain yang menyertai kewajiban zakat dalam Islam. Dengan adanya hikmah-hikmah tersebut, semoga kita dapat melaksanakan kewajiban ini dengan sebaik-baiknya.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...