Kewajiban Orang yang Sudah Tua dan Tidak Mampu Menjalankan Puasa Ramadhan

0
61
Harakah.id - Kewajiban Orang yang Sudah Tua dan Tidak Mampu Menjalankan Puasa Ramadan

Harakah.id – Orang-orang yang tidak mampu puasa, wajib mengeluarkan ganti (fidyah), yaitu memberi makan orang miskin.

Menjalankan puasa Ramadhan selama sebulan penuh merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang telah memenuhi syarat. Namun bagi mereka yang benar-benar tidak mampu, misalnya orang yang sudah tua renta, maka boleh tidak berpuasa dan menggantinya dengan membayar fidyah berupa makanan sebesar 1 mud setiap harinya.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Atha’ bahwa beliau mendengar Ibnu Abbas membaca ayat, “dan orang-orang yang tidak mampu puasa, wajib mengeluarkan ganti (fidyah), yaitu memberi makan orang miskin”. Ibnu Abbas berkata, “ayat ini tidak dihapus hukumnya. Ia mencakup lelaki dan perempuan yang sudah tua renta. Jika keduanya tidak mampu berpuasa, keduanya wajib bersedekah makanan setiap hari kepada satu orang miskin. (HR. Al-Bukhari)

Baca Juga: 6 Nilai Ini Akan Terasa, Kalau Puasa Anda Diterima Allah

Fidyah adalah sejumlah makanan yang harus diberikan kepada fakir miskin. 1 mud kurang lebih sama dengan 0.6 Kg. Hal ini merupakan pendapat dalam mazhab Syafi’i dan Hanbali berdasarkan amalan sejumlah sahabat.

Cara membayarkan fidyah diatur sesuai dengan jumlah hari puasa yang tidak mampu dijalankan. Jika seseorang memiliki hutang puasa sebanyak 5 hari, maka fidyah yang wajib dibayarkan adalah 5 mud atau sekitar 3 Kg makanan.

Sumber: Kitab Al-Tadzhib Fi Adillah Matn Al-Ghayah Wa Al-Taqrib