fbpx

KIRIM ARTIKEL

Anda yang ingin ikut bergerak bersama harakah.id bisa mengirimkan artikel ke email redaksi dengan ketentuan:

  1. Artikel sesuai dengan fokus dan visi harakah.id, yakni rubrik sejarah, gerakan, keislaman (akidah, ibadah, muamalah, akhlak, tafsir, hadis, hikmah, doa). Silahkan pantau artikel-artikel yang sudah terbit berdasarkan rubrik tersebut.
  2. Khusus rubrik gerakan dan sejarah, artikel harus berjumlah lebih dari 1000 kata. Artikel harus fokus mengenai satu fokus pembahasan terkait rubrik, yang ditulis dengan rapi, sesuai dengan EYD, informatif dan sistematis. Tampilkan rujukan yang otoritatif dan bisa dipertanggungjawabkan, baik itu buku maupun website. Sertakan foto jika itu mendukung narasi artikel.
  3. Selain rubrik gerakan dan sejarah, artikel dibatasi 600-1000 kata. Diketik rapi dengan menggunakan EYD dan sertakan nama rubrik sebagai tujuan pengiriman di badan nama file artikel.
  4. Artikel yang dikirim merupakan karya sendiri dan bukan merupakan repetisi, plagiasi maupun duplikasi dari karya orang lain.
  5. Jika baru pertama mengirim artikel, sertakan foto diri, identitas, akun media sosial dan no rekening bersamaan dengan pengiriman artikel.
  6. Hindari kesalahan-kesalahan kecil yang mengganggu pembaca untuk fokus pada substansi artikel. Maka dari itu, sebelum mengirimkan artikel, pastikan anda sebagai penulis merasa puas dan menganggap itu merupakan artikel terbaik yang pernah anda tulis.
  7. Redaktur akan melakukan review terhadap artikel yang masuk dan memungkinkan adanya komunikasi dengan penulis jika artikel yang dikirim berpotensi diterbitkan dengan beberapa catatan dari editor yang harus direvisi.

Harakah.id sangat menghargai setiap artikel yang masuk dan berusaha semaksimal mungkin berkomunikasi dengan penulis demi kesempurnaan gagasan. Namun harakah.id akan langsung menolak tipe-tipe konten berikut ini:

  1. Artikel atau konten berisi ujaran kebencian dan hal-hal berbau SARA.
  2. Artikel atau konten yang menampilkan afiliasi satu kelompok politik tertentu dan bertujuan untuk menciptakan konflik horizontal dengan kelompok politik lainnya.
  3. Artikel adalah replikasi, duplikasi dan plagiasi dari artikel lain yang telah dimuat atau diterbitkan dan memiliki hak cipta.
  4. Artikel disandarkan pada infomasi dan berita hoax.
  5. Artikel jauh dari standart yang telah redaksi tetapkan, baik dari aspek pengutipan/rujukan, jumlah kata dan substansi gagasan.

Kirim artikel anda ke redaksi@harakah.id