Beranda Keislaman Hikmah Kisah Perempuan yang Memberikan Dua Surga pada Seorang Lelaki

Kisah Perempuan yang Memberikan Dua Surga pada Seorang Lelaki

Harakah.idYahya bin Ayyub mengisahkan bahwa di Madinah terdapat seorang lelaki muda yang keadaannya menarik perhatian Khalifah Umar bin Khattab. Suatu malam selepas shalat Isya’, lelaki tersebut bertemu dengan seorang gadis cantik yang menghalangi jalannya.

Setiap manusia yang menghembuskan napas terakhirnya dengan membawa iman kepada Allah dan Rasul-Nya akan disiapkan surga dan segala kenikmatannya. Lalu, adakah manusia yang mendapatkan ‘jatah’ dua surga?

Jawabannya adalah Ada. Seorang lelaki yang mendapatkan ‘jatah’ dua surga adalah seorang lelaki yang hidup di zaman Khalifah Umar bin Khattab. Lelaki ini dikisahkan di dalam kitab Raudhah al-Muhibbin wa Nuzhah al-Musytaqin karya Imam Ibn Qayyim al-Jauzy. Berikut kisah lengkapnya.

Yahya bin Ayyub mengisahkan bahwa di Madinah terdapat seorang lelaki muda yang keadaannya menarik perhatian Khalifah Umar bin Khattab. Suatu malam selepas shalat Isya’, lelaki tersebut bertemu dengan seorang gadis cantik yang menghalangi jalannya.

Pertemuan itu membuat sang lelaki seketika itu juga jatuh cinta terhadap gadis cantik tersebut. Sang lelaki memutuskan untuk mengikuti sang gadis cantik hingga sampai di depan rumah sang gadis.

Ketika mengetahui ada lelaki asing yang membuntutinya, sang gadis langsung membacakan surat al-A’raf ayat 201 yang berbunyi “Sesungguhnya orang yang bertakwa, jika mereka ditimpa rasa was-was dari setan, maka mereka akan ingat kepada Allah. Saat itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya”.

Saat mendengar lantunan ayat yang dibacakan oleh gadis cantik tersebut tersebut (al-A’raf, ayat 201), sang lelaki tiba-tiba jatuh pingsan. Sang gadis pun terkejut dengan peristiwa mendadak di depannya.

Sang gadis segera mendekati lelaki tersebut dan mengira bahwa si lelaki telah meninggal dunia. sang gadis segera memanggil pembantunya dan memerintahkannya untuk menggotong si lelaki ke rumah orang tuanya.

Setelah tiba di depan rumah orang tua si lelaki, si gadis dan pembantunya segera meninggalkannya. Mereka khawatir jika mereka yang dituduh sebagai pembunuh si lelaki tersebut. 

Selang beberapa saat, ayah dari si lelaki muncul dan melihat anaknya tergeletak pingsan di depan pintu. Sang ayah membawa anaknya masuk, lalu merawatnya hingga ia kembali sadar. Melihat sang anak telah siuman, sang ayah bertanya pada anaknya, “Apa yang membuatmu jatuh pingsan seperti ini, wahai anakku?”.

Lelaki tersebut tidak mau berbicara sedikit pun. Ayahnya terus mendesaknya untuk menceritakan hal yang sebenarnya terjadi, hingga akhirnya ia menceritakan kronologinya dari awal.

Ketika sampai pada bagian ayat yang telah dibacakan oleh sang gadis (sang lelaki mengulang bacaan ayat tersebut), tiba-tiba ia menghela napas yang cukup panjang dan meninggal dunia.

Sang ayah menangis dengan tersedu sedan sembari memeluk jenazah anaknya. Berita duka ini menyebar begitu cepat, hingga sampai ke telinga Khalifah Umar bin Khattab.

Ketika mendengar berita tersebut, Khalifah Umar bin Khattab berkata, “Mengapa kalian tak memberitahuku berita duka ini lebih cepat?”.

Akhirnya, Khalifah Umar bin Khattab dengan langkah buru-buru pergi menuju kuburan si lelaki. Khalifah Umar bin Khattab berdiri di samping kuburan si lelaki sembari berkata, “Wahai Fulan bin Fulan, sesungguhnya bagi orang yang takut saat menghadap Tuhannya maka terdapat dua surga baginya”.

Lalu terdengar suatu suara dari dalam kubur si pemuda, “Tuhanku telah memberikannya padaku, wahai Khalifah Umar bin Khattab”.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...