Beranda Khazanah Kisah Zulkifli, Pria Bani Israil Dengan Ketampanan Mirip Yusuf yang Menolak Godaan...

Kisah Zulkifli, Pria Bani Israil Dengan Ketampanan Mirip Yusuf yang Menolak Godaan Seorang Perempuan Cantik

Harakah.id – Kisah Zulkifli, pria bani Israil yang punya ketampanan mirip Nabi Yusuf. Zulkifli juga memiliki perangai Nabi Yusuf. Dia tolak mentah-mentah godaan dan ajakan seorang perempuan cantik nan menawan hanya karena menjaga harga dirinya.

Sejarah menyebutkan bahwa terdapat seorang lelaki dengan anugerah ketampanan wajah yang tiada tanding tidak tergoda sedikitpun terhadap seorang gadis cantik (dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa gadis paling cantik di negerinya) yang dengan terang-terangan mengaku mencintainya serta rela memberikan hal yang paling berharga miliknya pada lelaki tersebut. Semua orang pasti sudah tahu perihal dua orang tersebut; sang lelaki tampan adalah Nabi Yusuf, sementara sang gadis cantik adalah Zulaikha. Pertanyaannya, apakah lelaki seperti Nabi Yusuf itu benar-benar ada?

Baca Juga: Hukum Meminta Pertolongan Kepada Para Nabi dan Wali yang Telah Wafat

Ada dan Lelaki itu bernama Zulkifli (di dalam kitab al-Jami’ as-Shahih, lelaki ini bernama al-Kifli). Kisah ini bersumber dari Ubaidillah bin Musa yang meriwayatkannya dari Syaibah bin Abdurrahman, dari al-A’masy, dari Abdullah bin Abdullah ar-Razi, dari Sa’d (budak Thalhah), dari Ibnu Umar yang mendengar langsung dari Nabi Muhammad. Inilah kisah Zulkifli, pria Bani Israil dengan ketampanan mirip Nabi Yusuf.

Zulkifli adalah seorang lelaki dari Bani Israil yang tidak mampu menahan diri untuk menuruti syahwat hawa nafsunya. Suatu waktu dia didatangi seorang wanita cantik, lalu Zulkifli memberinya uang sebanyak enam ratus dinar agar mau diajak melakukan perbuatan zina. Ketika Zulkifli telah siap untuk menggaulinya, tiba-tiba wanita cantik tersebut bergetar dan menangis. Melihat kejadian tak terduga tersebut, Zulkifli bertanya “Mengapa engkau menangis? Apakah ada sesuatu yang mengganggumu?”

Wanita cantik tersebut menjawab, “Tidak ada hal apapun kecuali hanya karena aku sungguh tak pernah melakukan perbuatan hina seperti ini sebelum-sebelumnya…” Kemudian Zulkifli berkata, “Kau telah bersiap-siap untuk melakukan perbuatan ini, tetapi kemudian kau bilang belum pernah melakukan perbuatan ini sebelum-sebelumnya?” Wanita cantik tersebut menjawab, “Aku melakukannya karena terpaksa, sebab aku sangat membutuhkan uang…” Hal yang terjadi selanjutnya adalah Zulkifli meninggalkan wanita cantik tersebut sambil berucap, “Pergilah dan bawalah uangnya. Itu sudah menjadi hakmu!” 

Lalu Nabi Muhammad berkata, “Demi Allah, setelah itu Zulkifli tidak pernah mendurhakai Allah sedikit pun. Suatu malam Zulkifli meninggal dan pada pintunya tertulis kalimat ‘Allah mengampuni dosa Zulkifli’” (kisah ini disebutkan dalam kitab al-Musnad karya Imam Ahmad bin Hanbal). 

Lelaki yang bernama Zulkifli dalam kisah di atas berhasil menjaga kehormatannya dan kesuciannya sebagaimana Nabi Yusuf menjaga dirinya dari tipu daya Zulaikha. Lelaki lainnya adalah seorang pemuda tampan, rajin beribadah, dan pintar dari Kota Kufah. Kisah ini bersumber dari al-Mubarrid, dari Abu Kamil, dari Ishaq bin Ibrahim, dari Raja’ bin Amr an-Nakha’i. 

Pemuda tampan tersebut bertemu dengan seorang gadis cantik di kampungnya dan membuatnya langsung jatuh cinta. Akhirnya pemuda tersebut mengirim utusan untuk melamar gadis tersebut kepada ayahnya. Ternyata ayah gadis tersebut memberikan jawaban bahwa putrinya telah dilamar oleh putra dari pamannya sendiri. Di sisi lain, sang gadis cantik rupanya juga telah jatuh cinta kepada pemuda tampan ahli ibadah tersebut. Akhirnya sang gadis mengirim utusan untuk menemui sang pemuda sekaligus menyampaikan pesan bahwa sang gadis juga merasakan gejolak cinta yang sama kepada sang pemuda. Selain itu, sang gadis juga bisa mengatur cara agar sang pemuda bisa masuk ke dalam rumahnya. 

Si pemuda memberikan jawaban kepada si utusan, “Sungguh aku lebih memilih mengatakan bahwa aku takut adzab di Hari Kiamat jika aku mendurhakai Tuhan-ku, daripada harus menuruti rasa cintaku dan memasuki rumahnya secara diam-diam”

Inilah kisah Zulkifli, Pria Bani Israil yang punya perangai mirip Nabi Yusuf. Memang benar; satu-satunya alasan yang membuat seorang lelaki tidak tergoda dengan kondisi yang sedemikian menguntungkan, adalah rasa takut terhadap Allah sebagai Dzat yang Menguasai Hari Pembalasan. 

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...