Beranda Headline Lakukan 3 Hal Ini Agar Liburan Weekend Kamu Penuh Pahala

Lakukan 3 Hal Ini Agar Liburan Weekend Kamu Penuh Pahala

Harakah.idKetika kita melakukan sesuatu yang membahagiakan orang lain, sejatinya itu juga memiliki nilai pahala. Agama Islam mengajarkan bahwa membahagiakan orang lain adalah ibadah.

Di kawasan perkotaan, akhir pekan merupakan waktu yang sangat dinantikan. Setelah beraktifitas hampir seminggu, kita akan mendapatkan waktu penuh untuk istirahat.

Orang-orang yang biasa bekerja di kantor, tempat perbelanjaan, sekolahan, atau lainnya biasanya menggunakan momentum akhir pekan untuk melakukan sejumlah hobi yang disenangi. Ada pula yang menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang-orang tercinta.

Pada satu sisi, pada hari aktif kita dapat meniatkan aktivitas kita sebagai ibadah. Misalnya, ketika kita bekerja kita niatkan untuk menunaikan kewajiban mencari nafkah. Dimana memberi nafkah merupakan kewajiban agama. Dengan demikian, mencari nafkah menjadi sarana penunaian kewajiban memberi nafkah keluarga. Ini tentu ibadah.

Ketika anak-anak belajar di sekolah atau kampus, mereka dapat menjadikannya sebagai bentuk ibadah; kewajiban belajar bagi kaum Muslimin yang diwajibkan oleh agama. Ini juga bentuk ibadah.

Muncul pertanyaan, dengan demikian, apakah berarti akhir pekan akan menjadi hari tanpa ibadah? Tentu saja tidak demikian.

Liburan Weekend dapat menjadi hari yang penuh pahala karena kita beribadah pada hari itu. Ibadahnya juga tidak melulu shalat, membaca Al-Quran, membaca wirid atau mengikuti kajian agama.

Ketika kita melakukan sesuatu yang membahagiakan orang lain, sejatinya itu juga memiliki nilai pahala. Agama Islam mengajarkan bahwa membahagiakan orang lain adalah ibadah. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam beberapa hadis Nabi SAW.

Rasullah SAW pernah bersabda,

 أفضل الأعمال إدخال السرور على المؤمن، كسوت عورته، وأشبعت جوعته، أو قضيت حاجته. رواه الطبراني

Amal yang paling utama adalah memberi kebahagiaan kepada seorang mukmin. Engkau menutup auratnya, mengenyangkan perutnya, dan memenuhi kebutuhannya. (HR. Al-Tharani).

Dalam redaksi lain, disabdakan,

أحبُّ الناسِ إلى اللهِ أنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ ، و أحبُّ الأعمالِ إلى اللهِ عزَّ وجلَّ سُرُورٌ يدْخِلُهُ على مسلمٍ

Manusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling banyak membawa manfaat bagi orang lain. Amalan yang paling dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla adalah kebahagiaan yang seseorang masukkan ke dalam hati Muslim lain (HR. Al-Thabarani)

Berdasarkan dua hadis di atas, kita dapat mengambil sejumlah pelajaran tentang bagaimana mengisi weekend kita dengan aktivitas yang menyenangkan. Setidaknya, kita bisa melakukan belanja pakaian, makan-makan, dan berdonasi bersama orang-orang tercinta.

Belanja pakaian Saat Liburan Weekend

Liburan Weekend menjadi hari yang akan sangat menyenangkan jika diisi dengan belanja pakaian. Mungkin kita tidak perlu membayangkan pakaian-pakaian mahal yang menguras kantong. Cukup kita pergi ke pasar terdekat, di sana sudah tersedia banyak sekali pilihan pakaian yahg digunakan menutup aurat.

Kita perlu  menyadari fungsi sosio-religi pakaian yang sebenarnya bertujuan untuk menutup aurat. Bagian tubuh yang kita akan merasa malu jika tidak menutupnya. Dengan belanja pakaian untuk orang-orang tercinta, kita akan membuat mereka bahagia. Jika anda lakukan itu, ada pahala dari Allah yang menunggu anda.

Makan-makan bersama keluarga

Liburan Weekend sebagai waktu yang pas untuk bersama keluarga atau orang-orang tercinta. Kita dapat menjadikannya momentum penuh kebahagiaan ketika kita mengisinya dengan makan-makan.

Coba lah cari suasana di daerah terdekat yang masih asri, di pinggir jalan pun tidak masalah. Bawa makanan dari rumah, persiapkan alas yang cukup, lalu berkumpul lah bersama keluarga atau orang tercinta dalam momentum semacam ini. Anda akan menemukan kebahagiaan. Ini adalah salah satu cara membuat mereka bahagia.

Berdonasi bersama orang-orang tercinta

Kelas menengah perkotaan di Indonesia semakin tumbuh. Keluarga kecil dengan kepala keluarga berusia muda mengisi berbagai sudut wilayah urban. Jarang disadari, sebagian besar di antara mereka adalah Muslim.

Generasi muda kelas menengah perkotaan punya budaya donasi yang tinggi. Beberapa survey mengonfirmasi kenyataan itu. Bisa membantu orang lain merupakan kebahagiaan tersendiri bagi banyak orang muda di Indonesia.

Berdonasi hari ini tidak harus besar. Dengan berbagai platform digital, ragam program sosial dan kemanusiaan, serta pengelolaan yang semakin transparan dan terpercaya, kegiatan berdonasi menjadi aktifitas yang menyenangkan.

Coba bayangkan jika donasi ini dapat kita lakukan langsung bersama orang-orang tercinta. Menyalurkan cinta kepada orang lain yang bahkan kita tidak mengenalnya, tetapi kita tahu mereka membutuhkan bantuan kita.

Membantu kebutuhan orang lain merupakan perkara yang berpahala dalam Islam. Sebuah amalan yang dicintai oleh Allah dan Rasulullah SAW.  

Demikian 3 hal membahagiakan yang dapat anda lakukan untuk mengisi akhir pekan. Tentu agar akhir pekan anda penuh dengan pahala melimpah.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...