Beranda Keislaman Doa Lebaran Pakai Baju Baru? Jangan Lupa Baca Doa

Lebaran Pakai Baju Baru? Jangan Lupa Baca Doa

Harakah.id – Lebaran pakai baru lebaran sudah jadi tradisi. Praktik ini juga sering dikaitkan hadis Nabi Saw. Sebelum pakai baju baru, jangan lupa baca doa dulu.

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri di Indonesia punya banyak makna dan sangat kaya akan tradisi. Selain mudik, berkumpul dengan keluarga, dan sanak famili, perkara yang melekat pada momen ini adalah baju baru lebaran, di samping juga hidangan ketupat, opor ayam, kue nastar dan banyak lainnya.

Semua itu tak ayal membuat pusat-pusat perbelanjaan, seperti pasar dan mal, menjadi serbuan. Warga berbondong-bondong untuk memenuhi kebutuhan lebaran, termasuk baju baru lebaran. Para pendagang pun menyambut hangat mereka dengan sajian diskon serta style terkini.

Panemi Corona atau Covid-19 yang tengah melanda Negeri dan seluruh dunia seolah tak menciutkan tekad warga untuk tetap berbelanja. Seperti terlihat di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang terkenal sebagai sentral jual beli pakaian.

Baca Juga: Bacaan Takbir Paling Ringkas Era Covid-19, Untuk Menyambut Hari Idul Fitri 1441 H

Demi menjaga kesehatan serta upaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya jika kita menahan diri dulu untuk tidak berbaju baru pada Lebaran tahun 1441 H/2020 M ini.

Tradisi baju baru lebaran sering kali dikaitkan dengan salah satu hadis Nabi tentang anjuran memakai pakaian yang bagus saat Hari Raya.

أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ، قَالَ: أَخَذَ عُمَرُ جُبَّةً مِنْ إِسْتَبْرَقٍ تُبَاعُ فِي السُّوقِ، فَأَخَذَهَا، فَأَتَى بِهَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، ابْتَعْ هَذِهِ تَجَمَّلْ بِهَا لِلْعِيدِ وَالوُفُودِ، فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّمَا هَذِهِ لِبَاسُ مَنْ لاَ خَلاَقَ لَهُ

“Sungguh Abdullah bin Umar, ia berkata : “Umar mengambil sebuah jubah sutra yang dijual dipasar, ia mengambilnya dan membawanya kepada Rasulullah Saw. dan berkata, “wahai Rasulullah, belilah jubah ini serta berhiaslah dengan jubah ini di hari raya dan penyambutan. Rasulullah berkata kepada Umar, “sesungguhnya jubah ini adalah pakaian orang yang tidak mendapat bagian, ” (HR. Al Bukhari).

Abu Al-Hasan menerangkan dalam Hasyiah As-Sindi ala An-Nasa’i perihal tersebut, bahwa sunnah dan kebiasaan para salaf (orang-orang dahulu). “Dari hadis ini diketahui, bahwa berhias di hari ‘id termasuk kebiasaan yang sudah ada di kalangan para sahabat, dan Nabi Saw.  juga tidak mengingkarinya.”

Baca Juga: Hukum Saling Mengunjungi Kerabat Saat Idul Fitri Di Musim Pandemi, Begini Penjelasannya

Perlu diingat bahwa berhias dan mempercantik diri tidak harus dengan baju baru. Tapi buat yang sudah beli untuk Lebaran 2020 ini, jangan lupa baca doa sebelum memakainya. Hal ini sebagaimana kebiasaan Nabi Muhammad Saw ketika memiliki baju atau pakaian baru.

عن أَبي سعيد الخدْريِّ رضي الله عنه قَالَ كَانَ رسول الله صلى الله عليه وسلم إِذَا اسْتَجَدَّ ثَوباً سَمَّاهُ باسْمِهِ عِمَامَةً أَوْ قَميصاً أَوْ رِدَاءً يقولُ اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أسْأَلكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ .رواه أَبُو داود والترمذي. وقال حديث حسن.

“Jika Nabi Muhammad Saw. memiliki baju/pakaian baru, entah itu imamah, gamis atau surban, beliau akan berdoa,

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أسْأَلكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

“Ya Allah, segala puji hanya bagimu. Engkaulah dzat yang memakaikan pakaian kepadaku. Maka aku memohon segala kebaikannya dan kebaikan lain yang lahir darinya. Aku juga memohon perlindungan dari segala keburukannya dan keburukan lain yang lahir darinya.”

Imam Nawawi dalam kitabnya Riyadhus Shalihin, menerangkan, hadis yang berkualitas hasan ini tidak hanya tertuju kepada pakaian, seperti baju dan lain sebagainya. Tapi seluruh barang baru yang melekat pada tubuh, seperti peci, topi, sandal, tas dan barang-barang lainnya.

Tujuan dari doa yang diucapkan Nabi tak lain adalah agar pakaian dan barang baru yang beliau kenakan dapat menjadi ladang kebaikan yang akan menumbuhkan perbuatan-perbuatan baik dan menjadi sumber pahala bagi pemakainya. Nabi, melalui doa tersebut, juga berharap pakaian yang beliau kenakan tidak menjadikan beliau sombong atau melahirkan sifat buruk lainnya.

Terakhir, jangan lupa, di Hari Raya Idul Fitri 1441 H / 2020 M ini, mari kita berdoa semoga Allah Swt segera mengangkat wabah Covid-19, sehingga kita bisa beribadah dan beraktivitas normal seperti sediakala.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...