Beranda Keislaman Hadis Manfaat Memaafkan untuk Kesehatan Manusia, Ini Penjelasan Al-Quran dan Hadisnya

Manfaat Memaafkan untuk Kesehatan Manusia, Ini Penjelasan Al-Quran dan Hadisnya

Harakah.id Ini adalah beberapa penjelasan mengenai amarah dalam Islam dan dampak kesehatan yang dialami. Semoga kita dapat terhindar dari penyakit fisik dan hati yang kotor saling mendendam yang Allah dan rasul-Nya pun tidak menyukainya.

Manfaat Memaafkan untuk Kesehatan Manusia. Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam, sehingga kita masih diberikan kenikmatan yang sehat wal’afiat. Sholawat serta salam mari kita panjatkan kepada rasul mulia seluruh alam yang membangkitkan cahaya keislaman hingga saat ini dan seterusnya menjadi umat baginda Muhammmad shallallahu ‘alaihi wassalam.

Penciptaan alam semesta di dunia ini merupakan salah satu dari kekuasaan Allah SWT yang sangat luas, kemudian didalamnya terdapat macam-macam makluk hidup baik yang diatas tanah, air, dan di udara semua hidup dengan izinnya. Begitupula makhluk ghaib yang selalu taat kepada tuhan

Manusia merupakan salah satu di antara makhluk hidup di dunia yang paling sempurna ciptaan-Nya dengan diberi kemampuan berfikir (akal), namun di samping pemikirannya mereka memiliki kelebihan dan kekurangan, dalam hal itu kita harus mengetahui bagaimana sifat orang tersebut sehingga tidak menimbulkan amarah hingga balas dendam.

Dalam kehidupan sehari-hari kita dengan tetangga tidak luput dari salah, namun ketika dimasa mendatang kita tidak boleh balas dendam walaupun itu hal yang buruk dilakukan kepada kita. Sebagaimana Rasulullah dalam sabdanya pada kitab bulughul maram “Sesungguhnya orang yang paling durhaka kepada Allah ada tiga: Orang yang membunuh di tanah haram, orang yang membunuh orang yang tidak membunuh, dan orang yang membunuh karena balas dendam jahiliyyah.”

Pada penjelasan diatas kitab bulughul maram yang diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a kemudian shahih Ibnu Hibban bahwa Allah membenci seseorang dalam tiga kategori salah satunya membunuh karna balas dendam yang telah dilakukannya.

Hal ini juga disebutkan oleh Allah ‘azza wajala dalam al-Quran surat al-a’raf ayat 199

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

“Memberi maaf dan menyuruh kebaikan” pada awal kalimat menerangkan bahwa kita dianjurkan memberi maaf dan jangan sampai balas dendam hingga 2 malam atau lebih. Sebagaimana dalam hadis riwayat muttafaqun ‘alaih “Islam melarang umatnya bermusuhan hingga lebih dari 3 hari”.

Dengan penjelasan diatas bahwa seburuk apapun seseorang janganlah diantara kalian melakukan balas dendam karna itu merupakan perbuatan durhaka kepada Allah sebagai pencipta.

Adapun dampak jika seseorang marah dan balas dendam menurut psikologis dapat menimbulkan beberapa efek negatif, di antara lain yaitu:

Tekanan Darah Tinggi

Seseorang yang muncul amarah dalam dirinya akan meningkatkan hemoglobin (sel darah merah) yang akan memicu detak jantung yang berlebihan sehingga dapat menimbulkan gejala lain seperti stroke bahkan kematian.

Serangan Jantung

Dalam sebuah penelitian diketahui dua jam setelah marah seseorang bisa lebih berisiko mengalami nyeri dada, serangan jantung, atau masalah jantung lainnya. Hal itu disebabkan karena saat marah hormon stres seperti adrenalin membuat jantung berdetak lebih cepat dan tekanan darah naik.

Bahkan saat marah darah bisa cepat menggumpal yang tentunya akan sangat berbahaya karena bisa menyumbat pembuluh darah.

Sakit Kepala

Pada saat marah kondisi otot-otot pembuluh darah tubuh kita menjadi tegang karena kita merasa kesal atau terancam, disaat itu pula sel darah yang menuju ke seluruh tubuh menjadi abnormal sehingga menimbulkan gejala pusing.

Stroke

Stroke terjadi karena kurangnya pasokan darah ke otak atau adanya pendarahan di dalam otak. Bahkan untuk orang yang sudah memiliki aneurisma atau pembengkakan pembuluh darah di otak, terlalu sering marah bisa menjadi masalah. Saat marah pembuluh darah yang bengkak bisa pecah dan berakibat pendarahan di otak.

Gangguan Kecemasan

Bagi seseorang yang memiliki gangguan kecemasan, sebaiknya mulai belajar mengontrol emosi marah. Terlalu sering marah bisa memperparah gangguan kecemasan yang sudah dimiliki.

Gangguan kecemasan merupakan kondisi yang ditandai dengan kekhawatiran berlebih dan tidak terkendali. Kondisi ini tentunya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dalam hadist nabi juga kesehatan menjadi peran yang sangat penting dimana seorang muslim khususnya wajib menjaga kesehatan, bagaimana tidak rasulullah saw juga menyukai muslim yang kuat dibanding yang lemah. Dimana jika seseorang yang sehat dapat membela dirinya, keluarga, orang terdekat, dan agamanya sendiri.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ وَفِي كُلٍّ خَيْرٌ احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلَا تَعْجَزْ وَإِنْ أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلَا تَقُلْ لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَذَا وَلَكِنْ قُلْ قَدَرُ اللَّهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

Dari Abu Hurairah dia berkata; “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta‘ala daripada orang mukmin yang lemah. Pada masing-masing memang terdapat kebaikan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai amarah dalam Islam dan dampak kesehatan yang dialami. Semoga kita dapat terhindar dari penyakit fisik dan hati yang kotor saling mendendam yang Allah dan rasul-Nya pun tidak menyukainya.

Artikel “Manfaat Memaafkan untuk Kesehatan Manusia, Ini Penjelasan Al-Quran dan Hadisnya” ini adalah kiriman dari Umar al-Faruq, Mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Mengagetkan! Habib Rizieq Menolak Diajak Demo, Ingin Fokus Ibadah

Harakah.id - Kalau bentuknya demo, kalian saja yang demo. Gak usah ngundang-ngundang saya. Setuju? Habib Rizieq Menolak Diajak Demo....

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...