Beranda Khazanah Mengenal Al-Zarnuji, Penulis Kitab Ta’lim Al-Muta’alim Yang Masih Misterius Hingga Kini

Mengenal Al-Zarnuji, Penulis Kitab Ta’lim Al-Muta’alim Yang Masih Misterius Hingga Kini

Harakah.id – Beliau termasuk seorang ulama yang profilnya agak kabur. Hal ini sangat kontras dengan kepopuleran kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Tidak ada informasi data terkait dengan nama asli beliau, namun beliau sering disebut dengan gelar Burhan Al-Islam atau Burhan al-Din Al-Zarnuji.

Beliau termasuk seorang ulama yang profilnya agak kabur. Hal ini sangat kontras dengan kepopuleran kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Tidak ada informasi data terkait dengan nama asli beliau, namun beliau sering disebut dengan gelar Burhan Al-Islam atau Burhan Al-Din Al-Zarnuji.

Nama Al-Zarnuji sendiri merupakan nisbat kepada sebuah daerah bernama Zarnuj. Sebuah daerah yang masuk kawasan Turkistan (sekarang masuk wilayah Afghanistan, lihat Mu’jam Al-Buldan (3/139). Ada juga keterangan yang menyebutkan bahwa daerah tersebut berada di kawasan Turki, Lihat Taj Al-Tarajim (2/311).

Informasi tentang kelahiran dan wafat beliau juga tidak ditemukan. Namun diperkirakan bahwa beliau hidup pada kurun akhir dari abad keenam Hijriyah dan paruh awal dari abad ketujuh Hijriyah.

Beliau adalah seorang ulama yang bermazhab Hanafi dan cenderung sangat kokoh berpegang padanya. Dalam beberapa nama kitab yang disebut oleh Al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Muta’allim merupakan kitab-kitab dalam mazhab Hanafi. Beliau juga mengutip perkataan dan pendapat Abu Hanifah, salah satunya dalam penjelasan tentang anjuran agar jangan membuat catatan-catatan yang terlalu kecil dalam lembaran kitab.

Salah satu tokoh orientalis, Plessner memasukkan Al-Zarnuji sebagai salah seorang filosof dan pemikir Arab pada masanya.

Ada tokoh lainnya yang juga masyhur dengan gelaran Al-Zarnuji yaitu Nu’man Ibn Ibrahim Al-Zarnuji yang wafat di Bukhara pada tahun 640 H. Beliau adalah seorang ahli sastra Arab.

Imam Al-Zarnuji diperkirakan merupakan seorang ulama yang alim dalam banyak ilmu. Bahkan memiliki kapasitas berfatwa. Akan tetapi tidak ada khazanah keilmuan beliau yang terlacak dan dapat kita peroleh selain kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Sehingga ada yang mengatakan:

كأن الزُّرنوجي في التاريخ هو تعليم المتعلم ، أو كأن تعليم المتعلم في الفكر التربوي هو الزُّرنوجي

Dalam catatan sejarah Al-Zarnuji hanya tergambar dari kita Ta’lim al-muta’allim, atau pemikiran tarbawi dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim adalah gambaran dari Al-Zarnuji sendiri”.

Kitab Ta’lim Al-Muta’allim merupakan salah satu kitab yang paling pokok dan penting dalam bidang Tarbiyah Islamiyah klasik. Kitab ini juga telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Latin, Turki, Prancis, Persia dan Indonesia. Ini menunjukkan ketinggian antusiasme dan minat umat dalam mengkaji dan mempelajari kitab ini.

Pada keterangan Al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim ada dua nama yang beliau sebut sebagai guru beliau yaitu Ali Ibn Abu Bakr Al-Farghani (W. 593) penulis kitab Al-Hidayah fi Furu’ al-Fiqh, dan Fakhrul Islam Al-Hasan Ibn Manshur Al-Firghani (W. 592).

Kitab Ta’lim Muta’allim adalah satu-satunya kitab yang diketahui merupakan karya al-Zarnuji sebagaimana dijelaskan oleh Plessner, “Kitab Ta’lim muta’allim merupakan satu-satunya bekas terlacak dari karya al-Zarnuji”. Meski tentu saja tidak tertutup kemungkinan bahwa al-Zarnuji kenyataannya pernah menulis kitab-kitab yang lain.

Meskipun tidak terlalu menonjol dalam kajian fikih, nama al-Zarnuji disebutkan dalam banyak catatan thabaqat ulama Hanafiyah, salah satunya al-Laknawi dalam kitab al-Fawaid al-Bahiyyah fi Tarajum al-Hanafiyah menyebutkan bahwa al-Zarnuji telah menulis sebuah kitab kecil ukurannya namun sangat besar manfaatnya. Haji Khalifah dalam Kasyf al-Zhunun menyebutkan bahwa dalam banyak kitab Thabaqat Hanafiyah, kitab Ta’lim Muta’allim sering disebut dan dipuji oleh para ulama Hanafiyah.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Mengagetkan! Habib Rizieq Menolak Diajak Demo, Ingin Fokus Ibadah

Harakah.id - Kalau bentuknya demo, kalian saja yang demo. Gak usah ngundang-ngundang saya. Setuju? Habib Rizieq Menolak Diajak Demo....

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...