Beranda Keislaman Ibadah Pahami Kondisi Makmum, Durasi Salat Imam yang Baik Harusnya Tidak Terlalu Lama

Pahami Kondisi Makmum, Durasi Salat Imam yang Baik Harusnya Tidak Terlalu Lama

Harakah.idSeorang Imam tidak hanya harus pintar dan bacaan al-Qur’annya benar, tapi juga harus paham. Memahami kondisi makmum adalah kunci khusyuknya salat jamaah.  

Dalam Islam, salat berjamaah adalah ibadah yang tergolong sangat dianjurkan. Banyak sekali riwayat hadis Nabi yang berbicara tentang salat jamaah. Mereka yang salat berjamaah, diganjar pahala 27 kali lipat lebih besar dibanding salat sendirian.

Menjadi imam salat, tentu saja memiliki nominal ganjaran berbeda dan lebih besar pula. Tapi, sebelum terburu-buru maju menjadi imam shalat, pertanyaannya… bagaimana sih tips menjadi imam yang baik bagi makmum kita?

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad bersabda:

وَحَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا الْمُغِيرَةُ وَهُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحِزَامِيُّ، عَنْ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا أَمَّ أَحَدُكُمُ النَّاسَ، فَلْيُخَفِّفْ، فَإِنَّ فِيهِمُ الصَّغِيرَ، وَالْكَبِيرَ، وَالضَّعِيفَ، وَالْمَرِيضَ، فَإِذَا صَلَّى وَحْدَهُ فَلْيُصَلِّ كَيْفَ شَاءَ» رواه مسلم

Jika kalian mengimami [salat], maka ringankanlah. Karena dalam jamaah kalian ada anak kecil, orang tua, orang yang lemah dan sedang sakit. Jika kalian shalat sendiri, lakukanlah sesuai keinginan.

Dalam sebuah hadis musalsal, Nabi Muhammad juga menyampaikan, “ar-rahimuna yarhamuhumur Rahman, irhamu man fil ardh, yarhamukum man fis sama’ (orang-orang yang penuh kasih saying akan disayangi oleh Allah yang maha penyayang. Sayangilah segala yang di bumi, maka kamu akan disayangi segala yang di langit!)”

Hadis menyiratkan sebuah nilai luruh tentang kasih sayang yang menjadi inti ajaran Islam. Tidak ada agama, termasuk Islam, yang mengajarkan selain ajaran cinta dan kasih sayang.

Perilaku saling menyayangi juga harus diaplikasikan dalam ibadah, termasuk salat. Hadis yang disampaikan di awal adalah salah satu bukti bagaimana Nabi Muhammad menganjurkan untuk saling menyayangi di antara sesama muslim dalam ritual peribadatan. Di sinilah imam memiliki peranan penting sebagai pemimpin salat.

Dalam Islam, seorang imam bukan hanya orang yang memiliki tingkat pengetahuan keagamaan lebih dibandingkan makmumnya. Imam juga bukan hanya sekedar orang yang paling bagus bacaan al-Qur’annya dibandikan makmumnya. Imam, sebagai pemimpin, juga mesti memiliki kepekaan terhada kondisi makmumnya.

Maka dalam salat berjamaah, dengan beragam kondisi makmum yang ada di belakangnya, seorang imam sudah sepatutnya tidak terlalu lama mengimami salat. Membaca ayat yang pendek dan mempercepat bacaan-bacaan sunnah lainnya.

Ini yang diperlihatkan oleh Nabi Muhammad ketika menegur sahabat Mu’adz bin Jabal yang terlalu lama dalam mengimami salat. Padahal ada orang tua, orang yang memiliki keterbatasan fisik dan anak-anak kecil yang ikut serta dalam salat jamaah. Tidak seluruhnya memiliki kemampuan fisik yang fit. Mungkin juga ada salah seorang makmum yang memiliki keperluan mendesak lainnya. Seluruhnya harus menjadi kepekaan seorang imam.

Inilah ajarah cinta dan kasih sayang yang diajarkan Nabi dan Islam. bukan hanya dalam konteks relasi sosial-kemasyarakatan. Dalam ibadah ritual seperti salat sekalipun, kita tidak boleh meninggalkan nilai-nilai cinta dan kasih sayang kepada sesama.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...