Penting Diketahui! Berikut Sunnah-Sunnah Wukuf Beserta Doa yang Harus Dibaca Ketika Jamaah Haji Tiba di Arafah

0
1585
Penting Diketahui! Berikut Sunnah-Sunnah Wukuf Beserta Doa yang Harus Dibaca Ketika Jamaah Haji Tiba di Arafah

Harakah.idSunnah-sunnah wukuf ini adalah hal yang juga penting diketahui oleh setiap muslim, khususnya mereka yang akan menunaikan ibadah haji. Selain itu, ada juga doa yang harus dibaca.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa wukuf merupakan salah satu rukun haji yang harus dipenuhi. Maka siapapun yang meninggalkannya, maka hajinya tidak sah/batal dan wajib mengulangnya. Berbeda halnya dengan wajib haji, barang siapa yang meninggalkannya, maka hajinya tetap sah. Namun ada kewajiban yang harus ditunaikan sebagai penggantinya, yaitu membayar denda. Dalam istilah fikihnya adalah membayar dam. Namun di luar itu, penting juga mengetahui sunnah-sunnah wukuf.

Wukuf adalah hadir/berdiam di bukit Arafah yang waktunya dimulai dari Zuhur 9 Zulhjiah dan berakhir Subuh di tanggal 10 Zulhijah. Jemaah haji dapat mengambil waktu wukuf di siang harinya tanggal 9 Zulhijah atau di malam harinya tanggal 10 Zulhijah atau menggabungkan keduanya, yaitu siang dan malam. Hal demikian adalah sunnah. Menurut Syekh Nawawi Banten, wajibnya wukuf adalah hadir di bukit Arafah, meskipun hanya hadir pada bagian kecilnya saja.

Adapun sunnah-sunnah yang dapat diamalkan pada saat wukuf di Arafah telah dikhabarkan oleh Syekh Nawawi dalam kitabnya, Nihayah al-Zain bab Bab al-Hajj wa al-‘Umrah halaman 204, yaitu sebagai berikut:

وَيسن فِي الْوُقُوف أَن يكون على طَهَارَة وإكثار الذّكر والتهليل وَالدُّعَاء والتلبية وَقِرَاءَة الْقُرْآن وإكثار التضرع والذلة والإلحاح فِي الدُّعَاء فيستقبل الْبَيْت الْحَرَام ويبسط كفيه

Artinya: Dalam melaksanakan wukuf, (jamaah haji) disunnahkan untuk tetap dalam keadaan suci, memperbanyak zikir, tahlil, doa, talbiyah dan membaca Alquran. (Jamaah haji juga disunnahkan) untuk memperbanyak merendahkan hati, merasa hina di hadapan Allah, tidak berhenti berdoa kemudian menghadap Bait al-Haram (ka’bah) dan membentangkan kedua tangan.

Lantas berdoa dengan doa ini:

الْحَمد لله رب الْعَالمين. لبيك اللهم لبيك لبيك لا شريك لك لبيك إن الحمد والنعمة لك والملك لا شريك لك x۳ .الله أكبر وَللَّه الْحَمد x۳ . اللَّهُمَّ انقلني من ذل الْمعْصِيَة إِلَى عز الطَّاعَة واكفني بحلالك عَن حرامك وأغنني بِفَضْلِك عَمَّن سواك وَنور قلبِي وقبري واهدني وأعذني من الشَّرّ كُله واجمع لي الْخَيْر كُله. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسأَلك الْهدى والتقى والعفاف والغنى .اللَّهُمَّ آتنا فِي الدُّنْيَا حَسَنَة وَفِي الْآخِرَة حَسَنَة وقنا عَذَاب النَّار .اللَّهُمَّ إِنِّي ظلمت نَفسِي ظلما كثيرا كَبِيرا وَإنَّهُ لَا يغْفر الذُّنُوب إِلَّا أَنْت فَاغْفِر لي مغْفرَة من عنْدك وارحمني إِنَّك أَنْت الغفور الرَّحِيم

اللَّهُمَّ اغْفِر لي مغْفرَة تصلح بهَا شأني فِي الدَّاريْنِ وارحمني رَحْمَة وَاسِعَة أسعد بهَا فِي الدَّاريْنِ وَتب عَليّ تَوْبَة نصُوحًا لَا أنكثها أبدا وألزمني سَبِيل الاسْتقَامَة لَا أزيغ عَنْهَا أبدا

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, laabaikallahumma labbaik, labbaika la syarika laka labbaik, innal hamda wanni’mata laka walmulk la syarika lak 3x. Allahu akbar walillahilhamd3x. Allahummanqulni min dzullil ma’shiyah ila ‘izzitha’ah wakfini bihalalik ‘an haramik waaghnini bifadhlik ‘amman siwak wanawwir qalbi wa qabri wahdini wa a’idzni minasysyarri kullih wajma’li alkhair kullah. Allahumma inni as-alukalhuda wattuqa wal ‘afaf wal ghina. Allahumma atina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah waqina ‘adzabannar. Allahumma inni dzalamtu nafsi dzulman katsiran kabiran wainnahu la yaghfirudzdzunuba illa anta faghfirli maghfiratan min ‘indik warhamni innaka antal-ghafururrahim. Allahummaghfirli maghfiratan tashluh biha sya’ni fi darain warhamni rahmatan wasi’atan as’adu biha fiddarain watub ‘alayya taubatan nasuhan la ankutsuha abadan wa alzimni sabilal istiqamah la arighu ‘anha abada.

Artinya:

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya pujaan dan nikmat adalah milik-Mu, begitupun kerajaan (adalah milik-Mu), tiada sekutu bagi-Mu 3x. Allah maha besar, segala puji bagi-Nya 3x. Ya Allah pindahkan aku dari rendahnya maksiat kepada mulianya taat. Cukupilah aku dengan halal-Mu dari haram-Mu, cukupilah aku dengan kemurahan-Mu dari pada selain-Mu, terangilah hatiku dan kuburanku, tunjukan dan lindingilah aku dari segala bentuk keburukan dan kumpulkanlah segala bentuk kebaikan kepadaku. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, takwa, kecukupan dan kekayaan. Ya Allah datangkanlah kepadaku kebaikan dunia dan akhirat dan lindungilah aku dari siksa neraka. Ya Allah, sesungguhnya aku telah banyak berbuat zalim kepada diriku sendiri dan sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa melainkan Engkau, maka ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu dan kasihanilah aku, sesungguhnya Engkau maha pengampun lagi maha penyayang. Ya Allah, ampunilah aku dengan ampunan yang membuat maslahat urusanku di dunia dan di akhirat. Rahmatilah aku dengan rahmat-Mu yang luas, dengannya aku bisa berbahagia di dunia dan di akhirat. Terimalah taubatku, sehingga aku tidak dapat melanggarnya lagi selamanya. Ikatlah aku di jalan istiqamah dan aku tidak akan menyimpang darinya selamanya.

Itulah penjelasan seputar sunnah-sunnah wukuf berikut doanya.