Beranda Keislaman Hikmah Perintah dan Janji Allah Kepada Orang yang Bertakwa

Perintah dan Janji Allah Kepada Orang yang Bertakwa

Harakah.idDalam Al-Qur’an, kita banyak mendapati perintah dan janji Allah kepada orang bertakwa. Janji Allah itu pasti, sebagai balasan yang diberikan kepada orang-orang yang bertakwa.

Orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, dituntut untuk selalu bertakwa kepada Allah. Perintah bertakwa ini ditujukan agar manusia bisa mencapai kebaikan hidup di dunia hingga di akhirat kelak. Untuk itu, Allah telah memberi petunjuk bagi umat manusia melalui kitab suci yang disampaikan oleh para rasul-Nya dari masa ke masa.

يَاأَيُّهاَ الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan Islam.” [QS. Ali Imran: 102].

Allah juga berfirman, “Dan sungguh, Kami telah memerintahkan (mewasiatkan) kepada orang yang diberi kitab suci sebelum kamu dan (juga) kepadamu agar bertakwa kepada Allah.” [QS. An-Nisa: 131].

Baca Juga: Inilah Dua Doa Penjaga Keimanan yang Perlu Dihapal

Takwa harus menjadi tujuan akhir, ultimate goal, atau cita-cita tertinggi bagi seorang hamba Allah. Hal ini sebagaimana diulas Imam Al Ghazalli (w. 505 H) dalam kitabnya, Minjahul Abidin. Allah Swt. telah mengumpulkan seluruh nasihat, petunjuk, metode hidup, peringatan, pelajaran dan pendidikan di dalam satu wasiat tersebut. Dengan takwa, seseorang akan memperoleh segala kebaikan dunia dan akhirat, terpenuhi segala kebutuhan hidup, dan mengantarkan seseorang kepada derajat kemuliaan yang tinggi.

Ditinjau dari segi bahasa taqwa” berasal dari kata “waqa” yang berarti menjaga, memelihara, dan melindungi. Sedangkan menurut syariat takwa bermakna sebagai menjaga diri dari murka dan siksa Allah Swt. dengan cara menjalankan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya secara lahir dan batin.

Bukan tanpa sebab Allah Swt. memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya untuk bertakwa. Allah Swt. bermaksud menganugerahkan pemberian-Nya yang agung nan mulia untuk orang-orang yang bertakwa. Karena setiap yang diperintahkan Allah kepada umat manusia, pasti demi kebaikan manusia itu sendiri.

Baca Juga: Shalat karena Allah, Bukan karena Meminta Rezeki

Dalam Al-Qur’an, kita banyak mendapati perintah dan janji Allah kepada orang bertakwa. Janji Allah itu pasti, sebagai balasan yang diberikan kepada orang-orang yang bertakwa.

Pertama, Allah menyertai orang-orang yang bertakwa.

Hal ini sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an. “Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa. [QS. Al-Baqarah: 194].

Kedua, mendapat ilmu laduni.

Allah yang Maha Mengetahui akan memberikan ilmu dan pengajaran kepada orang-orang yang bertakwa. Oleh sebab itu, orang yang bertakwa tidak akan resah atas segala problematika hidup yang ia hadapi karena Allah akan membukakan pengetahuan dan ilmu kepadanya. Sehingga hidupnya selalu diliputi ketenangan karena iman dan takwanya kepada Allah Swt.

Allah berfirman, “Dan bertakwalah kepada Allah, Allah memberikan pengajaran kepadamu, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. [QS. Al-Baqarah:  282].

Baca Juga: Bentuk Ruh Manusia yang Telah Meninggal Dunia Menurut Ulama

Ketiga, mendapat pemahaman atau penjelasan ketika menghadapi permasalahan yang meragukan atau membingungkan. Selain itu, orang yang bertakwa juga mendapatkan penebusan atas kesalahan yang dilakukan dan pengampunan atas dosa-dosa.

Firman Allah Swt. “Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan furqan (kemampuan membedakan antara yang hak dan batil) kepadamu dan menghapus segala kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Allah memiliki karunia yang besar”. [Qs. Al-Anfal: 29].

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahala baginya.” [QS. Ath-Thalaq: 5].

Keempat, terpelihara dari beban hidup, mendapatkan rezeki senantiasa tanpa terduga-duga.

Orang bertakwa akan senantiasa hidup dalam kemudahan dan mendapat pahala yang mulia pula. Seberat apapun beban hidup yang sedang ia hadapi, ia tetap yakin dengan sepenuh hati bahwa janji Allah itu pasti. Maka dengan izin Allah, ia akan menemukan jalan keluar dari setiap masalah serta mendapati datangnya rezeki dari jalan yang tak disangka-sangka.

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya”. [QS. Ath-Thalaq ayat 2-3].

“Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya”. [QS. Ath-Thalaq: 4].

Kelima, selamat dari neraka jahanam.

Perintah dan janji Allah kepada orang bertakwa ini untuk kehidupan di akhirat kelak. Bagi mereka yang bertakwa, Allah berjanji akan menyelamatkannya dari siksa api neraka.

Allah Swt. berfirman, “Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam (neraka) dalam keadaan berlutut”. [QS. Maryam: 72].

Baca Juga: Gambaran Kengerian Neraka Jahannam Menurut Al-Quran dan Hadis Nabi

Keenam, dijanjikan surga yang penuh kenikmatan di sisi-Nya.

Selanjutnya janji Allah kepada orang yang bertakwa. Yakni, surga yang penuh kenikmatan di sisi-Nya.

Allah berfirman, “Sungguh, bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya”. [QS. Al-Qalam: 34].

Ketujuh, menjadi orang paling mulia di antara semua umat manusia di hadapan Tuhannya.

Inilah salah satu keutamaan ajaran Islam yang tidak membeda-bedakan manusia atas dasar ras, suku, golongan, strata sosial, ekonomi, dan sebagainya. Dalam Islam, setiap orang semua manusia sama rata di hadapan Allah Swt., kecuali orang yang bertakwa.

“Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti”. [Qs. Al-Hujurat: 13]

Baca Juga: Inilah Doa Agar Diberi Ilmu yang Bermanfaat, Jangan Sampai Ilmu Kalian Sia-Sia
Baca Juga: Amalan Mudah Agar Husnul Khatimah, Meninggal Dunia Dalam Kebaikan Adalah Pintu Kebahagiaan di Surga

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Mengagetkan! Habib Rizieq Menolak Diajak Demo, Ingin Fokus Ibadah

Harakah.id - Kalau bentuknya demo, kalian saja yang demo. Gak usah ngundang-ngundang saya. Setuju? Habib Rizieq Menolak Diajak Demo....

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...