Beranda Khazanah Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi pada Hari Asyura

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi pada Hari Asyura

Harakah.id – Banyak peristiwa penting yang terjadi pada hari Asyura atau hari ke-10 Muharram. Hal ini menjadikan hari Asyura sebagai hari bersejarah yang penuh kenangan dan pelajaran yang berharga.

Hari Asyura adalah hari kesepuluh di bulan Muharram. Di hari ini, kita dianjurkan untuk banyak melakukan amal perbuatan baik, termasuk berpuasa. Mengapa sebegitu spesialnya hari Asyuro dibandingkan hari-hari lainnya di bulan-bulan lainnya?

Banyak sekali alasannya. Salah satunya adalah banyaknya kejadian dan peristiwa penting yang terjadi di Hari Asyura dalam lintasan sejarah di masa silam. Berikut ini, kami telah merangkum beberapa peristiwa penting di masa lalu yang terjadi tepat pada hari Asyura atau tanggal 10 Muharram.

  1. Diterimanya tobat Nabi Adam As. setelah dikeluarkan dari surga karena mengabaikan perintah Allah Swt untuk tidak memakan buah khuldi.
  2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh As. di bukit Zuhdi dengan selamat setelah dunia dilanda banjir bandang yang membinasakan kaumnya, termasuk anaknya tercinta.
  3. Selamatnya Nabi Ibrahim As. dari siksaan Raja Namrud yang membakarnya hidup-hidup dalam kobaran api. Berkat pertolongan Allah Swt., api yang membakar jasad Nabi Ibrahim berubah menjadi sejuk layaknya es.
  4. Nabi Yusuf As. dibebaskan dari penjara Mesir karena terkena fitnah dan menjadi pintu awal menuju singgasana kerajaan.
  5. Nabi Yunus As. selamat dan keluar dari perut paus yang menelannya.
  6. Nabi Ayyub As. disembuhkan Allah dari penyakit yang lama diidapnya, yang membuat dirinya ditinggalkan keluarga beserta seluruh harta bendanya.
  7. Nabi Musa As dan umatnya selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Beliau dan umatnya yang berjumlah sekitar lima ratus ribu orang selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.
Baca Juga: Keutamaan Puasa Hari Asyura, Bacaan Niat dan Artinya

Banyak lagi peristiwa lain yang terjadi pada hari ke-10 Muharram itu, yang menunjukkan sebagai hari yang bersejarah yang penuh kenangan dan pelajaran yang berharga.

Berdasarkan peristiwa-peristiwa penting ini, anjuran untuk melakukan beberapa amaliyah di hari Asyura di satu sisi merupakan bentuk napaktilas kita atas kejadian-kejadian bersejarah tersebut. Tentunya dengan harapan hal itu akan menjadi pelajaran berharga bagi kita semua.

Baca Juga: Mengenal Sejarah, Arti Nama Dan Kisah di Balik Bulan-Bulan Hijriyah [Bagian 1]

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...