Salat Sunnah Sebaiknya Dilakukan di Rumah, Berikut Manfaat Mengerjakan Salat Sunnah di Rumah

Manfaat shalat sunnah di rumah daripada di masjid. Selain Nabi Menganjurkan, juga untuk menerangi rumah dengan cahaya shalat

0
636
Salat Sunnah Sebaiknya Dilakukan di Rumah, Berikut Manfaat Mengerjakan Salat Sunnah di Rumah

Harakah.idSalat Sunnah di rumah adalah salah satu anjuran dan perkara yang diperintahkan oleh Nabi. Selain karena bernilai pahala, ada juga manfaatnya lho.

Berbeda dengan salat fardhu lima waktu yang lebih utama di masjid dengan berjamaah, salat sunnah lebih baik dikerjakan di rumah. Selain didukung oleh hadis-hadis Nabi Muhammad saw., Imam Nawawi mengatakan, keutamaan mengerjakan salat sunnah di rumah agar lebih tersembunyi sehingga terhindar dari perbuatan ria dan hal-hal yang membatalkan amal.

Di samping itu, shalat sunnah juga bisa mendatangkan berkah bagi rumah. Imam Ahmad dan Muslim menceritakan dari Jabir ra., Nabi saw. bersabda, “Jikalau salah seorang daripada kamu biasa shalat di masjid, hendaklah rumahnya juga diberi bagian dari shalatnya, supaya Allah meletakkan kebaikan di dalam rumahnya itu karena shalatnya tadi.”

“Dari Zaid bin Tsabit, dari Rasulullah saw. bersabda, ‘Shalat yang paling utama adalah di rumah kalian kecuali shalat maktubah (shalat fardhu),’” (HR Bukhari dan Tirmidzi).

Nabi saw. juga mengingatkan, agar tidak menjadikan rumah kita seperti kuburan, yakni untuk tidur saja.  Hadits riwayat Aisyah dalam Musnad Ahmad.

صَلُّوا فِي بُيُوتِكُمْ وَلَا تَجْعَلُوْهَا عَلَيْكُمْ قُبُوْرًا

“Shalatlah kalian di rumah kalian. Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan.”

Ada juga riwayat lain yang menjelaskan terkait keutamaan melakukan salat sunah di rumah.

عن زيد بن ثابت ، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : أفضل صلاتكم في بيوتكم إلا المكتوبة.

“Dari Zaid bin Tsabit, dari Rasulullah SAW bersabda, ‘Shalat yang paling utama adalah di rumah kalian kecuali shalat maktubah (shalat fardhu),’” (HR Bukhari dan Tirmidzi).

Kitab Syamail At-Tirmidzi juga menerangkan bahwa meskipun rumah Rasulullah dekat dengan masjid, tetapi beliau lebih memilih salat sunah di rumah.

Baca Juga: Shalat Sunnah Menambal Kekurangan Shalat Fardhu.

Demikianlah penjelasan mengenai anjuran, keutamaan dan manfaat melaksanakan salat sunnah di rumah. Semoga bermanfaat…