Beranda Keislaman Doa Sumber-Sumber Serta Hal-Hal Penghambat Datangnya Rejeki yang Wajib Kamu Ketahui!

Sumber-Sumber Serta Hal-Hal Penghambat Datangnya Rejeki yang Wajib Kamu Ketahui!

Harakah.idPerlulah kita mengetahui hal-hal yang dapat meningkatkan rizki, penyebab panjang umur dan badan sehat, agar dapat memusatkan perhatian untuk belajar. Banyak kitab telah disusun para Ulama mengenai  masalah tersebut, berikut uraiannya secara singkatnya.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak dapat mengubah takdir selain doa, tidak dapat menambah umur selain berbuat bakti dan sesungguhnya seseorang menjadi tertutup rizkinya karena dosa yang ia lakukan.

Dari Hadits tersebut dapat diketahui bahwa perbuatan dosa itu menyebabkan tertutupnya rizki, terutama dusta, hal-hal yang mana dapat mendatangkan kefakiran sebagaimana ditegaskan dalam hadits lain. “Sesungguhnya orang dapat ditutup rizkinya karena dosa yang ia perbuat, tidak dapat mengubah takdir selain do’a, dan tidak menambah panjang usia selain amal bakti.” (HR. Imam Ibnu Majah).

Demikian pula, tidur di waktu subuh dapat menolak rizki dan terlalu banyak tidur membuat fakir harta sekaligus fakir ilmu. Tidur telanjang, kencing telanjang, makan dalam keadaan junub, makan sambil tiduran, membiarkan sisa-sisa makanan berserakan, membakar kulit bawang merah  atau bawang putih, menyapu lantai dengan kain, menyapu rumah di malam hari, membiarkan sampah mengotori rumah, lewat di depan pinisepuh, memanggil orang tua pada namanya (tanpa menyebut ayah atau ibu), bertusuk gigi dengan benda kasar, mencuci tangan dengan lumpur atau debu, duduk di beranda pintu, bersandar pada kaki gawang pintu, berwudlu di tempat berak (kloset), menjahit pakaian yang sedang dipakai, menyeka wajah dengan kain, membiarkan sarang laba-laba berada di rumah, meremehkan shalat, bergegas keluar masjid sesudah shalat subuh, terlalu pagi berangkat ke pasar, terlambat pulang dari pasar, membeli rontongan makanan dari orang fakir pengemis, mendo’akan buruk kepada anak, membiarkan wadah tanpa ditutup dan meniup untuk mematikan lampu/lilin.

Baca Juga: Doa Agar Mudah Rejeki Saat Menghadapi Pandemi

Semua itu berakibat menjadi kefakiran, sebagaimana hal demikian diketahui dari atsar. Dan lagi: menulis dengan pena rusak, menyisir dengan sisir rusak, tidak mau mendo’akan bagus kepada orang tua, memakai surban sambil duduk, memakai celana sambil berdiri, bersifat kikir, terlalu hemat, berlebih-lebihan dalam hidup, suka menunda pekerjaan dan meremehkan urusan, semua itu juga menyebabkan terjadi kefakiran.

Bersabda Rasulullah SAW: “Himbaulah datangnya rizki dengan cara bersedekah.” (Hadits ini disebut dalam Al-Jami’us Shaghir)

Bangun pagi-pagi itu diberkahi dan mendorong terkumpulnya ni’mat, khususnya rizki. Karena  Rasulullah SAW bersabda: “Ya Allah, berkahilah umatku dalam bangun pagi-pagi mereka.” (HR. Imam Ahmad,Tirmidzi dan Ibnu Majah). Kaligrafi indah termasuk kunci rizki, air muka simpatik dan tutur kata yang manis menambah datangnya rizki. Ada diriwayatkan dari Al Hasan bin Ali RA: “Menyapu halaman rumah dan mencuci wajah itu mendatangkan kekayaan.

Penyebab yang paling kuat untuk memperoleh rizki adalah mengerjakan shalat dengan ta’dhim dan khusyu’ serta menyempurnakan semua rukun, wajib, sunnah dan adabnya, juga mengerjakan shalat Dhuha sebagaimana telah diketahui hikmahnya, juga membaca surat Al-Waqi’ah khusunya di malam hari sewaktu orang tidur, membaca surat Al-Mulk, Al-Muzammil, Al-Lail dan surat Al-Insyirah, juga datang di mesjid sebelum adzan dikumandangkan, selalu berada dalam keadaan suci, melakukan shalat sunnah fajar (Qabliyah Subuh) dan shalat sunnah witir di rumah, kemudian jangan berbicara urusan duniawi setelah shalat witir tersebut.

Penyebabnya lagi yaitu jangan terlalu banyak bergaul dengan lawan jenis kecuali ada keperluan penting dan jangan ngobrol yang tidak bermanfaat untuk agama dan dunia. Sayyidina Ali berkata “Jika sempurna akal seseorang, maka omongnya berkurang.” Penyair berkata :

Bicara itu perhiasan, tapi diam itu keselamatan,

Bila anda mau bicara, tidak usah berlebihan.

Karena diam, anda bisa menyesal satu kali,

Tetapi karena bicara, anda menyesal berkali-kali.

Baca Juga: Kalau Hidup Anda Terasa Sempit Dan Sesak, Coba Amalkan Shalawat Pelapang Hidup Ini!

Wirid yang dapat menambah rizki antara lain, setelah terbit fajar sampai masuk waktu subuh secara rutin membaca:

سُبْحَانَ اللّهِ الْعَظِيْمِ سُبْحَانَ اللّهِ وَبِحَمْدِهِ أسْتَغْفِرُاللّهِ وَاَتُوْبُ اِلَيْه

Maha Suci Allah Yang Maha Agung, Maha Suci Allah  dan segala Pujian-Nya, aku memohon ampunan dan bertaubat kepada-Nya berulang 100 kali.

setiap pagi dan sore hari membaca

لاَ اِلَهَ إِلَّا اللّهِ اَلْمَلِكُ الْحَقِّ الْمُبِيْن

Tiada Tuhan selain Allah, yang Maha Diraja, Maha Haq dan Maha Jelas” juga diulang 100 kali.

Setiap hari selesai shalat subuh hendaklah membaca “Alhamdulillah, Subhanallah, Laa ilaaha illa Allah” masing-masing 33 kali, dan demikian juga sehabis shalat Maghrib, membaca istighfar 70 kali sesudah shalat subuh dan banyak-banyak membaca “laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adziim” dan membaca Shalawat Nabi SAW.

Pada hari Jum’at hendaklah membaca do’a

اَللّهُمَّ أَغْنِنِي بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاكْفِنَي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Ya Allah, jadikanlah aku kaya dengan anugrah halal-Mu terhindar dari yang haram, dan cukupilah aku dengan anugrah dari sisi-Mu bukan dari yang lain” diulang 70 kali.

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Mengagetkan! Habib Rizieq Menolak Diajak Demo, Ingin Fokus Ibadah

Harakah.id - Kalau bentuknya demo, kalian saja yang demo. Gak usah ngundang-ngundang saya. Setuju? Habib Rizieq Menolak Diajak Demo....

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...