Beranda Keislaman Hikmah Surah dalam Al-Qur’an yang Dinamai dengan Nama Hewan dan Penjelasannya

Surah dalam Al-Qur’an yang Dinamai dengan Nama Hewan dan Penjelasannya

Harakah.id – Beberapa surah di dalam Al-Qur’an dinamai dengan nama hewan. Ini karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan.

Jumhur atau mayoritas ulama bersepakat, penamaan surah-surah Al-Qur’an adalah berasal dari Nabi Muhammad Saw., meskipun ada beberapa yang berpendapat bahwa hal itu merupakan hasil ijtihad para sahabat.

Nama-nama surah, sedikit banyak akan menggambarkan isi sebuah surah Al-Qur’an. Fungsinya seperti kata kunci, meskipun nanti memang banyak sekali ayat yang secara tampak tidak mengikuti alur kata kunci nama surah-nya.

Baca Juga: 10 Hewan yang Dijamin Masuk Surga Karena Turut Membantu Tegaknya Agama Tauhid

Beberapa surah di dalam Al-Qur’an dinamai dengan nama hewan. Ini karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan. Berikut nama-nama surah Al-Qur’an yang dinamai dengan nama hewan:

Surat Al-Baqarah
Artinya surah sapi betina. Dinamakan demikian karena di dalamnya berisi sebuah kisah tentang Bani Israil yang terus-terusan bertanya soal sapi kepada Nabi Musa As. Surah ini terdiri dari 286 ayat dan terbentang dari juz 1 sampai pertengahan juz 3. Surah ini termasuk surah madaniyah.

Surat An-Nahl
Artinya surah lebah. Dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat ayat ketika Allah Swt. mewahyukan kepada lebah tentang cara membuat sarang dan lokasinya. Surah yang terletak di juz 14 ini termasuk surah makkiyah. Terdiri dari 128 ayat.

Surat An-Naml
Artinya surah semut. Dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat kisah gerombolan semut yang dipaksa masuk sarang oleh ratunya ketika Nabi Sulaiman dan pasukan hendak lewat di sebuah jalan. Nabi Sulaiman yang mengetahui hal itu hanya tersenyum. Surah ini termasuk surah makkiyah dan terletak di juz 19. Ia terdiri dari 93 ayat.

Surat Al-Ankabut
Artinya surah laba-laba. Dinamakan demikian karena di dalamnya terdapat ayat yang mengungkapkan perumpamaan para penyembah berhala dengan laba-laba yang terlalu percaya pada kekuatan sarangnya. Surah ini termasuk surah makkiyah dan merupakan surah ke-29 yang terletak di juz 20. Terdiri dari 69 ayat.

Surat Al-Fiil
Artinya surah gajah. Dinamakan demikian karena kalimat terakhir dalam ayat pertamanya adalah “al-fiil”. Surah ini adalah surah ke-105 dan terletak di juz 30. Surah yang tergolong surah makkiyah ini berisi 5 ayat.

Baca Juga: Manfaat Amalan Bacaan Ayat Kursi Menjaga dari Gangguan Setan dan Melapangkan Jalan ke Surga

Itulah nama-nama surah di dalam Al-Qur’an yang dinamai dengan nama hewan. Sebagai makhluk yang berakal kita tahu bahwa manusia, hewan, maupun tumbuhan selalu menyimpan ajaran serta hikmah kehidupan dan faidah kemanfaatan. Banyak sekali ayat di mana Allah Swt. menggunakan hewan sebagai sumber pengetahuan dan perumpamaan-perumpamaan lain.

Baca Juga: Mengapa Para Ulama Membaca Al-Fatihah Setelah Berdoa, Inilah Dalil dan Keutamaannya
Baca Juga: Bolehkah Kita Mencari Hikmah di Balik Perintah dan Keputusan Allah?

[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...