Tau Gak Sih, Shalatmu Belum Sempurna Kalau Belum Melakukan Tiga Hal Ini!

0
Tau Gak Sih, Shalatmu Belum Sempurna Kalau Belum Melakukan Tiga Hal Ini!

Harakah.id Dalam sebuah riwayat disebutkan, ada tiga hal yang membantu shalat seseorang jadi sempurna. Apa saja?

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda:

ثلاث من تمام الصلاة  إسباغ الوضوء وعدل الصف والاقتداء بالإمام

Tiga hal yang akan menyempurnakan shalat: menyempurnakan wudhu’, meluruskan shaf dan mengikuti Imam ketika shalat berjamaah.”

Hal pertama yang akan menyempurnakan shalat anda adalah dengan menyempurnakan wudhu. Wudhu termasuk salah satu syarat sah shalat. Kalau tidak wudhu, shalatnya tidak sah. Selain itu, banyak keutamaan lain yang bisa kita dapatkan dalam kegiatan berwudhu. Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad juga menyebut bahwa mereka yang sering mengusap wajahnya dengan air wudhu, kelak di akhirat wajahnya akan bersinar binar.

Baca Juga: Menurut Al-Ghazali, Tiga Hal Ini Sangat Menentukan Apakah Shalat Kamu Akan Diterima Atau Tidak

Yang dimaksud dengan menyempurnakan wudhu adalah menunaikan seluruh rukun wudhu dengan benar. Berniat, mengusap wajah sampai batas yang telah ditentukan, membasuh tangan, mengusap sebagian kepala, membasuh kedua kaki dan tertib dalam melakukan urutan-urutan rukun tersebut. Selain itu, sunnah wudhu sebisa mungkin juga dikerjakan. Berkumur-kumur, membaca bismillah sembari membasuh tangan sebelum wudhu dimulai, melakukan instinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung), membasuh telinga dan lain sebagainya. Memperhatikan seluruh faktor keutamaan dalam berwudhu akan mengantarkan kita kepada kesempurnaan.

Hal kedua yang menyempurnakan shalat adalah dengan meluruskan shaf ketika shalat berjamaah. Maka biasanya, sebelum memulai shalat berjamaah, Imam harusnya melakukan pengecekan terhadap shaf di belakangnya. Kalau ada shaf yang kosong, dia memerintahkan seseorang untuk mengisinya. Dan jika ada shaf yang tidak lurus, dia akan menyuruh jamaah untuk meluruskannya. Lurusnya shaf adalah simbolisasi kekompakan dan komunalitas umat Islam dalam beribadah kepada Allah SWT.

Baca Juga: 18 Rukun Shalat dalam Matan Al-Ghayah wa Taqrib

Hal terakhir yang mesti diperhatikan agar shalat kita sempurna adalah menjaga gerakan shalat dan harus mengikuti imam. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadis, “innama ju’ilal Imam li yu’tamma bihi”. Seseorang dinamakan dan dijadikan Imam agar ia diikuti oleh yang lain. Dan inilah fungsi utama dalam shalat berjamaah. Tidak mengikuti Imam sampai batas tertentu bisa membatalkan shalat. Dan tentu, hal itu juga berdampak pada kesempurnaan shalat.

Maka, jika anda ingin shalat anda sempurna, perhatikan tiga hal tersebut!