Tidak Ada Shalat Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat ‘Id

0
99

Harakah.id – Shalat ‘Id tidak diiringi salat sunnah lainnya, baik sebelum maupun setelahnya.

Salah satu hal yang perlu diketahui berkenaan dengan Shalat Id ialah tidak ada shalat sunnah lain yang mengiringi shalat ‘Id, baik sebelum ataupun setelahnya. Hal itu sebagaimana sabda Nabi Saw. 

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى يَوْمَ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ لَمْ يُصَلِّ قَبْلَهَا وَلَا بَعْدَهَا

“Nabi Saw. shalat pada hari raya Idul Fitri sebanyak dua rakaat, dan beliau tidak melaksanakan shalat lain sebelum dan setelahnya.” [HR. Al-Bukhari]. 

Menurut Al-Shan’ani, hadis di atas merupakan dalil bahwa tidak ada shalat sunnah sebelum dan setelah shalat Id, karena hal itu tidak pernah dicontohkan langsung oleh Nabi Saw.

Baca Juga: Tabel Fidyah dan Qadha Puasa Ramadhan Bagi yang Meninggalkannya.

Namun demikian, dalam Fathul Bari, Ibn Hajar al-Asqalani mengungkapkan adanya perbedaan pendapat di antara para ulama tentang ada atau tidaknya shalat sunnah yang mengiringi shalat Id. Sebagian ulama, semisal ulama Kufah, menganggap adanya shalat sunnah setelah shalat Id.

Sebagian ulama lainnya, yakni ulama Bashrah, menganggap adanya shalat sunnah sebelum salat Id, bukan setelahnya. Sedangkan ulama Madinah mengatakan, tidak ada shalat sunnah yang mengiringi shalat Id, baik sebelum maupun setelahnya. 

Mengenai perbedaan pendapat tersebut, Ibn Hajar al-Asqalani menegaskan, 

وَالْحَاصِلُ أَنَّ صَلاَةَ الْعِيْدِ لَمْ يَثْبُتْ لَهَا سُنَّةٌ قَبْلَهَا وَلاَ بَعْدَهَا

Kesimpulannya, shalat ‘Id tidak diiringi salat sunnah lainnya, baik sebelum maupun setelahnya.

Baca Juga: Takbir Mursal dan Takbir Muqayyad, 2 Macam Takbir saat Hari Raya

Demikianlah penjelasan singkat mengenai tidak adanya salat sunnah sebelum dan setelah shalat Id.