Beranda Keislaman Doa Yang Belum Tahu Tata Cara Meminta Ampun Kepada Allah, Coba Baca Panduan...

Yang Belum Tahu Tata Cara Meminta Ampun Kepada Allah, Coba Baca Panduan Ini

Harakah.idImam Al-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW membaca lafal istighfar terakhir ini sebanyak 100 kali dalam sekali duduk.

Sebagai manusia terkadang kita merasa sadar bahwa kita mempunyai banyak kesalahan. Ketika perasaan ini datang, kadangkala kita kebingungan tentang bagaimana cara menebus kesalahan tersebut. Islam mengajarkan bahwa ketika kita menghadapi perasaan semacam ini, kita hendaknya segera memohon ampun kepada Allah SWT.

Memohon ampun kepada Allah disebut istighfar. Istighfar diambil dari kata ghafara-yaghfiru-ghufran yang berarti mengampuni. Ketika diubah menjadi istaghfara ia berubah arti menjadi meminta ampun. Al-Quran mengajarkan agar kita meminta ampunan kepada Allah SWT.

Dalam beberap bagian Al-Quran, Allah SWT menyuruh kita untuk meminta ampun kepadanya. Bahkan, Allah SWT menjanjikan bagi orang yang mau meminta ampun kepada-Nya berbagai macam kenikmatan.

Allah SWT berfirman, “Dan minta ampunlah kepada Tuhan kalian, kemudian bertaubatlah kepada-Nya, maka dia akan memberi kalian kenikmatan yang baik sampai waktu yang ditentukan, dan Dia akan memberi kemuliaan kepada setiap pemilik kemuliaan. Jika kalian berpaling, sungguh, aku khawatir kalian akan tertimpa azab yang besar.” (QS Hud: 3)

Allah SWT berfirman, “Wahai kaumku, mintalah ampun kepada Tuhan kalian, kemudian bertaubatlah kepadanya. Maka Dia akan menurunkan air hujan kepada kalian dengan derasnya dan menambah kekuatan kalian. Dan Jangan berpaling sebagai orang yang berbuat jahat.” (QS Hud: 52)

Allah SWT berfirman, “Minta ampunlah kepada Tuhan kalian, karena sungguh, Dia adalah Tuhan Yang Maha Pengampun.” (QS Nuh: 10)

Rasulullah SAW juga diperintahkan untuk memohon ampunan sekalipun beliau adalah manusia yang terjaga dari dosa. Allah SWT berfirman, “Sucikan dengan memuji Tuhanmu, dan mintalah ampunan-Nya. Sungguh, Dia adalah Yang Maha Menerima Taubat.” (QS Al-Nashr: 3).

Berdasarkan keterangan ini, meminta ampun kepada Allah merupakan perkara yang dianjurkan dalam Islam. Karenanya, hendaknya kita senantiasa memperbanyak memohon ampun kepada Allah. Sedangkan cara memohon ampun cukup mudah. Kita dapat mengungkapkannya dengan bahasa kita sendiri. Boleh juga menggunakan redaksi yang terdapat dalam Al Quran, hadis maupun lafal yang biasa digunakan oleh ulama.

Bacaan Untuk Memohon Ampun Kepada Allah
Di antara lafal istighfar yang berasal dari hadis Nabi adalah sebagai berikut:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullahal ‘Azhim Alladzi La Ilaha Illa Huwal Hayyul Qayyum Wa Atubu Ilaihi

Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan yang tiada tuhan yang hak disembah kecuali Dia, Yang Maha Hidup Lagi Mengurusi, saya bertaubat kepada Nya. (HR Tirmidzi)

Dalam keterangan lain, Rasulullah SAW beristighfar menggunakan redaksi berikut,

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الغَفُورُ

Rabbighfir li wa tub ‘alayya innakat tawwabul ghafur

Ya Tuhanku, ampuni aku dan terima taubatku. Sugguh, engkau adalah Tuhan Penerima Taubat dan Pemberi ampun (HR. Tirmidzi)

Imam Al-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW membaca lafal istighfar terakhir ini sebanyak 100 kali dalam sekali duduk.

Demikianlah tata cara memohon ampun kepada Allah. Ada baiknya sebelum memohon ampun kepada Allah, kita melakukan shalat sunnah taubat terlebih dahulu. Tidak lupa, sebelum melaksanakan shalat sunnah taubat, kita mandi taubat dan bewudu secara sempurna. Hal ini agar kita benar-benar khusyuk ketika memohon ampun kepada Allah. Semoga bermanfaat.


[TheChamp-Sharing]

[TheChamp-FB-Comments]

REKOMENDASI

Gempa Bumi di Cianjur, Ini Panduan Menyikapinya Menurut Islam

Harakah.id - Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11/2022). Sampai tulisan ini diturunkan, Selasa 22/11, tercatat korban meninggal...

Inilah Gambaran Kecantikan Bidadari Surga dalam Literatur Klasik

Harakah.id - Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa orang-orang beriman akan masuk surga. Di dalam surga, mereka akan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan...

Hadis yang Menjelaskan Puasa dan Al-Qur’an Dapat Memberi Pemberi Syafaat

Harakah.id - Beruntungnya bagi kita para muslim, terdapat suatu amalan dan kitab suci yang dapat memberikan syafaat untuk kita di hari akhir...

5 Tips Menjaga Hafalan Al-Quran Menurut Sunnah Rasulullah SAW

Harakah.id - Aku akan menjelaskan ke kalian tentang hadits yang aku yakin hadits ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman penghafal Qur’an.

TERPOPULER

Tradisi Tahlilan 3, 7, 40, 100 Hari Kematian dalam Islam

Harakah.id - Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat Muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, selalu diadakan...

Mengapa Ada Anak Kiai Tapi Tidak Berjilbab, Inilah Penjelasan Gus Baha’

Harakah.id - Para istri, puteri hingga santriwati pondok pesantren di Indonesia umumnya mengenakan penutup kepala dan baju tertutup, tetapi dengan membiarkan...

Empat Kelompok Kristen Radikal di Indonesia, Dari Konflik Lokal Hingga Terkait Jaringan Transnasional

Harakah.id - Ada beragam jenis radikalisme. Radikalisme agama salah satunya. Setiap agama memiliki kelompok radikal, meskipun pada umumnya minoritas dalam kelompok...

Kenapa Orang Indonesia Hobi Baca Surat Yasin? Ternyata Karena Ini Toh…

Harakah.id - Surat Yasin adalah salah satu surat yang paling disukai orang Indonesia. Dalam setiap kesempatan, Surat Yasin hampir menjadi bacaan...